Tegang, Kapal Selam Swedia Pasang Torpedo Aktif Seiring Latihan Perang Rusia

Rabu, 20 Oktober 2021 - 14:36 WIB
loading...
Tegang, Kapal Selam Swedia Pasang Torpedo Aktif Seiring Latihan Perang Rusia
Kapal selam HMS Uppland milik Swedia. Foto/euro-sd.com
A A A
STOCKHOLM - Latihan perang Zapad-21 yang mengerahkan sekitar 200.000 personel digelar di Rusia barat dan Belarusia pada September. Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist menyebut latihan itu "demonstrasi kekuatan" yang menunjukkan "kemampuan militer luas" Moskow.

Di tengah latihan gabungan Rusia-Belarusia Zapad-21 pada September, ternyata kapal selam Swedia HMS Uppland diperintahkan melakukan operasi rahasia yang kompleks. “Kapal selam itu memasang torpedo aktif di laut,” ungkap laporan lembaga penyiaran nasional SVT, dilansir Sputnik pada Rabu (20/10/2021).

Dengan sangat rahasia, torpedo diangkut dari fasilitas penyimpanannya melalui jalan raya dan dimuat ke HMS Pelikanen, satu-satunya kapal penyelamat rudal dan torpedo Angkatan Laut Swedia.

Baca juga: Terungkap, Tes Rudal Terbaru Korut Diluncurkan dari Kapal Selam atau Fasilitas Bawah Laut

“HMS Pelikanen dan HMS Uppland kemudian bertemu di satu teluk di kepulauan Ostergotland di mana transshipment terjadi pada malam yang gelap,” papar laporan SVT.

Baca juga: Penumpang Maskapai Ini Tak Perlu Lagi Kenakan Masker Selama Penerbangan



Alasan untuk latihan lapangan yang langka adalah untuk melakukan pemeriksaan kontingensi yang dibangun di atas premis bahwa markas mereka telah dihancurkan.

Baca juga: UFO Terlihat di Langit London, Warganet Menyebutnya Dementor Tersesat

"Biasanya, kapal selam pergi ke dermaga di kota Karlskrona untuk memuat torpedo baru. Kali ini kami melakukannya dari tempat yang lebih taktis," papar Letnan Kolonel Adam Camel, kepala kesiapsiagaan darurat pada SVT.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2210 seconds (11.210#12.26)