5 Kapal Selam Andalan Rusia, Salah Satunya Paling Baru

Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:24 WIB
loading...
5 Kapal Selam Andalan Rusia, Salah Satunya Paling Baru
Kapal selam bertenaga nuklir menjadi salah satu andalan pada armada Angkatan Laut Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia sebagai salah satu negara yang punya kekuatan militer mumpuni memiliki sejumlah kapal selam mengerikan. Beberapa diantaranya bahkan dapat menembakkan senjata nuklir.

Menurut World Population Review, Rusia termasuk ke dalam 10 negara yang punya kapal selam terbanyak. Negeri Tirai Besi menempati posisi ketiga dengan 64 kapal selam, kalah dari AS yang punya 68 unit, dan China dengan 79 unit.

Dengan banyaknya kapal selam yang dimiliki sebuah negara ini membuktikan seberapa majunya kekuatan militer negara tersebut. Mengingat kapal selam merupakan salah satu momok mengerikan di pertempuran, karena tidak terlihat dan hanya bisa dideteksi dengan radar saja.

5 Kapal Selam Adalan Rusia.

1. Kilo Class

Dikutip dari Naval News, Kapal selam Project 636.3 Improved KILO Class adalah aset angkatan laut paling kuat Rusia di Laut Hitam. Kapal yang punya lebar 6,3 ini pertama kali memasuki layanan pada tahun 1980-an.

Kapal rancangan Biro Desain Maritim Pusat Rubin di St Petersburg ini dibekali dengan enam tabung torpedo yang selain dapat menembakkan rudal yang dikendalikan inframerah dengan akurasi tinggi, juga mampu menyebarkan ranjau laut.


2. Oscar II

Kapal selam ini telah menjadi andalan Angkatan Laut Rusia sejak awal 1990-an. Kendaraan tempur yang punya panjang 155 meter ini mampu menampung 107 awak kapal serta dilengkapi dengan berbagai persenjataan canggih.

Sebelumnya kapal ini sempat dibekali dengan hulu ledak nuklir, namun setelah perjanjian START berlaku Rusia menggantinya dengan rudal berdaya ledak tinggi. Jangkauan tembak dari kapal selam ini mencapai 50 km.

3. Borei Class

Borei Class merupakan kapal selam rudal bertenaga nuklir keempat Rusia. Kemunculannya di era Uni Soviet kala itu bertujuan mengganti Delta III dan Typhoon Class seraya menjadi wadah untuk rudal balistik Bulava SLBM.

Diketahui bahwa rudal balistik yang dimuat oleh Borei Class menampung hulu ledak nuklir 150 kiloton dengan jangkauan lebih dari 9300 km atau 5800 mil. Selain itu, kapal selam ini juga dibekali dengan enam rudal anti kapal dengan jangkauan 45 km.


4. Sierra Class

Melansir dari National Interest, ketika pertama kali dirancang pada akhir 1970-an, Sierra telah menjadi gebrakan besar di armada Angkatan Laut Soviet. Karena kala itu kapal selam ini menjadi yang tercepat dan punya persenjataan mematikan.

Kapal selam yang menghasilkan 50 ribu tenaga kuda ini dibekali dengan torpedo berhulu ledak 1000lb, yang secara teori mampu melumpuhkan supercarrier Amerika dalam satu pukulan. Selain itu, terdapat pula rudal anti-kapal selam SS-N-15/16.

5. Belgorod

Belgorod menjadi kapal selam terbaru milik Rusia yang dikenalkan pada awal 2022 lalu. Kapal selam yang punya panjang 184 meter ini diklaim punya sistem pelacakan canggih dan bahkan menandingi kapal selam buatan AS.

Sebagai kapal selam terbaru, Belgorod punya kemampuan mengerikan untuk membawa delapan torpedo nuklir Poseidon. Torpedo ini memang menjadi salah satu senjata mengerikan dengan daya ledak mencapai beberapa megaton, dan menyebabkan radioaktif.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)