Perkuat Kerja Sama, Indonesia Gelar Pertemuan dengan Negara Pasifik Selatan

Kamis, 21 Maret 2019 - 11:21 WIB
Perkuat Kerja Sama, Indonesia Gelar Pertemuan dengan Negara Pasifik Selatan
Perkuat Kerja Sama, Indonesia Gelar Pertemuan dengan Negara Pasifik Selatan
A A A
JAKARTA - Indonesia untuk pertama kalinya menggelar pertemuan dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan. Pertemuan ini dihadiri oleh setidaknya 15 negara, termasuk Indonesia, yang berada di kawasan Pasifik Selatan.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam pidato saat membuka pertemuan tersebut, mengatakan pertemuan yang bernama Indonesia and South Pacific Forum (ISPF) itu memiliki dua arti penting.

"Pertemuan ini sangat bersejarah karena pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan forum dengan negara-negara Pasifik Selatan, terdapat dua arti penting penyelenggaraan ISPF," kata Retno.

"Pertama sebagai wadah dialog untuk memperkuat kerja sama konkrit perdagangan, mengurangi hambatan perdagangan dan investasi serta kerja sama teknis dan peningkatan kapasitas maupun kerja sama pembangunan antara Indonesia dengan negara-negara atau teritori di Pasifik Selatan," sambungnya.

"Kedua meningkatkan saling pengertian sebagai sesama negara kepulauan yang memiliki latar belakang budaya dan tantangan yang sama antara lain isu perubahan iklim, isu kemaritiman dan pengembangan wilayah pesisir," ucapnya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Ia lalu mengatakan dari hasil rangkaian kegiatan ISPF adalah Indonesia menyepakati mulai membahas PTA dengan negara-negara Pasifik Selatan, yaitu dimulainya proses negosiasi PTA dengan Papua Nugini. Selain itu, lanjut Retno, Indonesia juga menyepakati keinginan diluncurkannya pembentukan PTA dengan Fiji.

Retno menambahkan dalam rangkaian ISPF juga disepakati pertemuan delimitasi batas maritim keenam antara Indonesia dengan Palau. Pertemuan ini berlangsung di Manila sejak kemarin dan akan berakhir pada hari ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4632 seconds (0.1#10.140)