Kelompok Anti-Israel Dorong Ahmadinejad Kembali Pimpin Iran

Minggu, 02 Juni 2024 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Partai Paydari mempunyai pengaruh di semua institusi pemerintah termasuk parlemen dimana anggotanya merupakan minoritas yang sangat berpengaruh dan seringkali mengambil peran utama di tengah lemahnya kehadiran partai-partai konservatif dan reformis yang sudah mapan.

Banyak yang percaya Mahsouli, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, adalah orang di balik dugaan kecurangan dalam pemilu 2009 yang menjamin masa jabatan kedua bagi petahana Ahmadinejad.

Keduanya mendapat dukungan kuat dari Ayatollah Mohammad-Taghi Mesbah-Yazdi, bapak spiritual kelompok ultra-garis keras, yang menarik dukungannya dari Ahmadinejad setelah jatuhnya Ahmadinejad dari pimpinan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei pada Mei 2011.

Dalam wawancara lain tahun lalu, Davari mengklaim bahwa sekitar delapan puluh persen pejabat tinggi di pemerintahan Raisi dipilih dari antara mereka yang menduduki posisi tinggi di pemerintahan Ahmadinejad.

Dalam wawancara yang sama ia menjuluki pemerintahan Raisi sebagai “pemerintahan ketiga Ahmadinejad”. Dia juga sebelumnya menuduh bahwa dalam beberapa tahun terakhir mantan presiden kontroversial itu yakin bahwa Republik Islam akan runtuh dan jika hal itu terjadi, dia ingin menjadi Boris Yeltsin di Iran “dan mengambil alih semua kekuasaan sekaligus”.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)