AS Sampaikan Belasungkawa atas Bencana Banjir Bandang Papua

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:24 WIB
AS Sampaikan Belasungkawa atas Bencana Banjir Bandang Papua
AS Sampaikan Belasungkawa atas Bencana Banjir Bandang Papua
A A A
JAKARTA -
Deputi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, W. Patrick Murphy mengatakan, pihaknya menyampaikan duka cita kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas bencana banjir bandang di Sentani, Papua.

Berbicara pasca melakukan kunjungan kehormatan pada Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di sela-sela "High Level Dialogue on Indo-Pasifik Cooperation" di Jakarta, Murphy mengatakan pihaknya siap untuk membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana.

"Saya juga mengatakan kepada Menlu, bahwa AS merupakan mitra yang sangat berkomitmen di bidang kemanusiaan dan bidang pemulihan bencana, yang kita tetap siaga untuk menanggapi bencana di sini setiap harinya," ucap Murphy.

"Kemudian, AS juga mengekspresikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya untuk korban bencana banjir yang terjadi di Papua dan kami mengekspresikan komitmen kepada Indonesia dan negara lain dalam bidang penanggulangan bencana," sambungnya pada Rabu (20/3).

Murphy kemudian mengatakan, selain melakukan pertemuan dengan Retno, dia juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru, Winston Peters. Dalam pertemuan dengan Winstons, Murphy mengatakan dia sekali lagi menegaskan bahwa AS mengecam keras serangan teroris di Christcurch.

"Saya juga menggunakan kesempatan ini untuk menemui sahabat kami dari Selandia Baru, untuk bersama-sama mengutuk serangan teroris yang sangat tidak manusiawi yang terjadi di Christcurch dan kemudian mengekspresikan solidaritas kita pada umat beragama, dari agama berbeda, dari etnis berbeda dan dari warga negara berbeda. Kami juga mengekspresikan bela sungkawa kepada semua yang terkena dampak dari serangan ini," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)