Militer China yang Bersenjata Nuklir Siap Hentikan Kemerdekaan Taiwan dengan Paksa

Minggu, 02 Juni 2024 - 10:30 WIB
loading...
A A A
“Tentara Pembebasan Rakyat China selalu menjadi kekuatan yang tidak dapat dihancurkan dan kuat dalam membela penyatuan tanah air, dan akan bertindak tegas dan tegas setiap saat untuk mengekang kemerdekaan Taiwan dan memastikan bahwa upayanya tidak akan pernah berhasil,” kata Dong.

“Siapa pun yang berani memisahkan Taiwan dari China akan hancur berkeping-keping dan menderita kehancurannya sendiri.”

Pemerintahan Presiden Joe Biden dan pemerintahan Presiden Xi Jinping telah meningkatkan komunikasi untuk meredakan perselisihan antara kedua negara yang memiliki senjata nuklir, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengunjungi Beijing dan Shanghai bulan lalu.

Fokus utamanya adalah dimulainya kembali dialog antar-militer, yang dipandang penting untuk mencegah perselisihan menjadi tidak terkendali.

China membatalkan komunikasi militer dengan Amerika Serikat pada tahun 2022 sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi ke Taiwan.

Ketegangan antara Washington dan Beijing semakin dipicu oleh isu-isu termasuk dugaan balon mata-mata China yang ditembak jatuh di wilayah udara AS, pertemuan antara presiden Taiwan saat itu Tsai Ing-wen dan penerus Pelosi; Kevin McCarthy, serta bantuan militer Amerika untuk Taipei.

China juga sangat marah atas semakin dalamnya hubungan pertahanan Amerika Serikat di Asia-Pasifik, khususnya dengan Filipina, dan penempatan kapal perang dan jet tempur secara rutin di Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Beijing memandang hal itu sebagai bagian dari upaya AS selama puluhan tahun untuk membendung China.

Kedua belah pihak sepakat setelah pertemuan puncak antara Xi Jinping dan Biden pada November lalu untuk memulai kembali perundingan militer tingkat tinggi, termasuk mengenai operasi militer di dekat Taiwan, Jepang, dan di Laut China Selatan.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)