WFP: Seruan Bertindak bagi Gaza Sebagian Besar Sampai di Telinga Tuli

Sabtu, 01 Juni 2024 - 09:20 WIB
loading...
WFP: Seruan Bertindak bagi Gaza Sebagian Besar Sampai di Telinga Tuli
Pemandangan kehancuran terungkap setelah pasukan Israel mundur dari wilayah Jabalia di Jalur Gaza utara, pada 31 Mei 2024. Foto/Dawoud Abo Alkas/Anadolu Agency
A A A
GAZA - Direktur Program Pangan Dunia (WFP) PBB di Palestina, Matthew Hollingworth, menekankan perlunya gencatan senjata yang mendesak.

Dia mengatakan seruan mereka untuk bertindak di Gaza tidak diindahkan.

Berbicara dalam konferensi pers virtual pada Jumat (31/5/2024), Hollingworth mengatakan, "Seruan untuk bertindak (untuk Gaza) sebagian besar menuju telinga tuli. Namun, yang paling mendasar yang kita butuhkan, tentu saja, adalah gencatan senjata segera."

"Eksodus yang telah kita lihat dalam 20 hari terakhir atau lebih dari Rafah telah menjadi pengalaman yang mengerikan bagi banyak orang," papar Hollingworth.

Dia mencatat ada kekurangan air, pasokan medis, bahan bakar, dan makanan yang parah di tempat-tempat yang telah dituju orang-orang.

Hollingworth mengatakan situasi kesehatan masyarakat di daerah-daerah ini melampaui tingkat krisis.

“Kehidupan sehari-hari sangat mengerikan dan apokaliptik. Orang-orang tidur dengan suara bom, mereka tidur dengan suara pesawat tanpa awak, mereka tidur dengan suara perang,” papar dia.

Tentang klaim Hamas menjarah bantuan PBB, Hollingworth berkata, “Kami belum melihat Hamas atau otoritas de facto mengambil bantuan dari Program Pangan Dunia atau organisasi PBB lainnya.”



Menanggapi pertanyaan Anadolu tentang tidak berfungsinya dermaga apung AS di Gaza, Hollingworth mengingatkan, “PBB telah menyuarakan banyak kekhawatiran bahkan sebelum dermaga apung tersebut beroperasi, dan selama masa operasionalnya, mereka hanya berhasil mendistribusikan kurang dari seribu ton bantuan.”

Meskipun bantuannya minimal, Hollingworth mengatakan itu menyelamatkan nyawa, dan koordinasi dengan pejabat Israel membaik selama masa operasional dermaga apung tersebut.

Dia menekankan dermaga apung dapat "bernilai investasi" jika dapat melengkapi pengiriman fisik dari koridor darat.

Hollingworth menyebutkan Program Pangan Dunia sendiri telah mengirimkan 20.000 ton bantuan pada bulan April dan sekitar 45.000 ton bantuan dibutuhkan setiap bulan di Gaza.
(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)
pixels