Trump Berharap Arab Saudi Bergabung Kesepakatan UEA dan Israel

Kamis, 20 Agustus 2020 - 08:13 WIB
loading...
Trump Berharap Arab Saudi Bergabung Kesepakatan UEA dan Israel
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berharap Arab Saudi bergabung kesepakatan normalisasi hubungan Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) yang diumumkan pekan lalu.

“Saya berharap,” ungkap Trump saat ditanya dalam konferensi pers Gedung Putih tentang apakah dia berharap Arab Saudi bergabung kesepakatan itu.

Sesuai kesepakatan yang dimediasi Trump itu, Israel sepakat menghentikan rencana aneksasi wilayah Tepi Barat. Kesepakatan itu juga memperkuat perlawanan terhadap kekuatan regional Iran.

UEA, Israel dan AS menganggap Iran sebagai ancaman utama di Timur Tengah. (Baca Juga: Michelle Obama Luncurkan Serangan Pedas pada Kepemimpinan Trump)

Komentar resmi pertama Saudi sejak kesepakatan itu diumumkan adalah ketika Kementerian Luar Negeri menyatakan Saudi tetap komitmen pada perdamaian dengan Israel sesuai Inisiatif Perdamaian Arab 2002.

Di awal konferensi pers, Trump menyebut kesepakatan UEA-Israel itu kesepakatan yagn bagus. “Negara-negara itu Anda tidak akan yakin ingin datang dalam kesepakatan itu,” ujar Trump yang tidak menyebut nama negara lain selain Saudi. (Baca Infografis: Merdeka Pak Jokowi! Ini Saran Pelaku Usaha untuk Ekonomi RI)

Trump juga menyatakan UEA tertarik membeli jet F-35 yang digunakan Israel dalam pertempuran. “Mereka memiliki uang dan mereka ingin memesan sejumlah F-35,” papar Trump. (Lihat Video: Ratusan Peserta Ikuti Upacara Mengapung Memperingati HUT RI Ke- 75 di Situ 7 Muara Pamulang)
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3582 seconds (11.210#12.26)