Misteri Putra Mahkota Arab Saudi Jika Mohammed bin Salman Jadi Raja

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:31 WIB
loading...
A A A

Membangun Kekuasaan


Menurut al-Rasheed, Raja Salman tidak pernah menunjuk wakil putra mahkota karena dua alasan.

Pertama, usia Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang masih muda, yang baru berusia awal 30-an pada tahun 2017, membuat kecil kemungkinannya bahwa dia akan meninggal dalam waktu dekat dan memerlukan seorang wakil untuk menggantikannya.

Kedua, dan yang lebih penting, Raja Salman akan kesulitan menemukan wakil putra mahkota yang cocok, karena dia dan putranya "memusuhi" beberapa cabang garis keturunan al-Saud, yaitu Nayef dan Abdullah.

Mantan Putra Mahkota Mohammed bin Nayef menerima pukulan paling memalukan ketika dia dikesampingkan setelah puluhan tahun memegang posisi yang sangat sensitif dan penting di Kementerian Dalam Negeri dan badan intelijen. Dia dijadikan tahanan rumah dan sejak itu menghilang dari kehidupan publik.

Putra Raja Abdullah, Mutaib, mantan kepala Garda Nasional Arab Saudi, juga merasa terhina ketika dia dipecat dari peran militernya. Dia juga menghilang dari kehidupan publik menyusul tuduhan korupsi.

Raja Salman dan putranya tidak menyukai kedua cabang keluarga kerajaan tersebut dan keturunan mereka. Raja Salman masih bisa memilih wakil putra mahkota dari sisa cabang penting lainnya, tapi dia tidak melakukannya.

Menurut al-Rasheed, mungkin Raja Salman ingin putranya sendiri punya waktu untuk membangun basis kekuasaannya tanpa dukungan pangeran-pangeran senior yang lebih tua, yang sebagian besar pernah menduduki posisi senior di pemerintahan seperti menteri atau komandan militer.

Hak Prerogatif Kerajaan


Selama tujuh tahun terakhir, Mohammed bin Salman telah menjadi putra mahkota tunggal.

Dia secara efektif menjadi negara, mengumpulkan kekuasaan luar biasa atas setiap aspek pemerintahan dan kehidupan di Arab Saudi, mulai dari militer hingga hiburan.

Mohammed bin Salman telah menjadi penguasa absolut, hanya mendengarkan teman dekatnya, penasihat asing, konsultan, dan rekan-rekannya. Kebijakan dalam dan luar negerinya mencerminkan keinginannya sendiri, bukan berkonsultasi dengan sekelompok besar pangeran senior dan lebih berpengalaman. Setidaknya, seorang wakil putra mahkota akan menjadi gangguan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)