Kapal-kapal Inggris dan NATO Kuntit 9 Kapal Perang Rusia di Laut Utara

loading...
Kapal-kapal Inggris dan NATO Kuntit 9 Kapal Perang Rusia di Laut Utara
(Kiri-Kanan) Korvet Angkatan Laut Rusia Steregushchy, kapal perusak Nastoichivy dan fregat Admiral Gorshkov berlabuh di teluk pangkalan armada Rusia di Baltiysk di wilayah Kaliningrad, Rusia, 19 Juli 2015. Foto/REUTERS/Maxim Shemetov
MOSKOW - Angkatan Laut (AL) Inggris dan NATO menguntit sembilan kapal perang Rusia selama transit melalui Laut Utara yang dekat dengan perairan teritorial Inggris. Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengonfirmasi hal tersebut dalam siaran pers pada hari Rabu.

"Angkatan Laut Kerajaan (Inggris) dan sekutu NATO telah mengawal sembilan kapal perang Angkatan Laut Rusia selama level aktivitas yang meningkat di perairan dekat Inggris," bunyi siaran pers tersebut. Menurut AL Inggris, sembilan kapal perang Moskow itu bergerak melintasi Laut Utara ke arah selatan menuju Selat Inggris.

Kapal perang Rusia termasuk tiga korvet kelas Steregushchiy, tiga kapal pendarat kelas Ropucha dan tiga kapal patroli bersenjata rudal.

Kesembilan kapal perang itu dikawal oleh armada kapal militer NATO, termasuk kapal patroli lepas pantai HMS Mersey dan HMS Tyne Inggris dan fregat Tipe 23 HMS Westminster serta Standing NATO Maritime Group 1, yang mencakup kapal milik Portugal, Kanada, Jerman, Norwegia dan Denmark. (Baca: Kapal Perang Turki dan Yunani 'Tabrakan Mini' di Laut Mediterania )



"Angkatan Laut Rusia beroperasi dengan aman dan profesional," kata komandan kapal HMS Westminster, Will Paston, seperti dikutip Sputnik, Kamis (20/8/2020). Kapal-kapal Rusia dibayangi oleh AL Inggris selama perjalanan mereka melalui Laut Utara dan Selat Inggris adalah kejadian biasa.

Pada bulan Juni lalu kapal HMS Westminster dan HMS Tyne mengawal kapal perang Rusia, Vice Admiral Kulakov, saat transit melalui Selat Inggris. Kapal Moskow itu dipantau dengan menggunakan radar, kamera pengintai dan sensor.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top