Kim Jong-un Gelar Pertemuan Langka Bahas Masalah Penting Misterius

Kamis, 20 Agustus 2020 - 00:16 WIB
loading...
Kim Jong-un Gelar Pertemuan Langka Bahas Masalah Penting Misterius
Seorang warga Korea Selatan menonton berita televisi tentang kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, 21 April 2020. Foto/ REUTERS/Heo Ran/File Photo
A A A
PYONGYANG - Kim Jong-un , pemimpin Korea Utara (Korut) mengadakan pertemuan dengan badan kunci Partai Buruh yang berkuasa pada hari Rabu (19/8/2020). Pertemuan langka ini merupakan yang pertama kalinya dalam delapan bulan dan digeler untuk membahas masalah penting tapi dirahasiakan.

Korean Central News Agency (KCNA), media pemerintah Korut, memberikan sedikit petunjuk tentang pertemuan Komite Sentral Partai Buruh, dengan menyatakan itu "membahas dan memutuskan masalah yang sangat penting dalam mengembangkan revolusi Korea dan meningkatkan efisiensi pertempuran partai." KCNA tidak menjelaskan lebih lanjut tentang pertemuan tersebut.

Kim Jong-un menghadapi kesulitan di berbagai bidang, baik di dalam maupun luar negeri. Banjir telah menyapu lahan pertanian yang memberikan pukulan lain bagi ekonomi yang dilanda pandemi virus corona baru (Covid-19). (Baca: Kim Jong-un Perintahkan Sita Anjing Peliharaan dan Diserahka ke Restoran )

Kondisi kesehatan Kim Jong-un yang dirumorkan memburuk pada awal tahun ini juga menimbulkan pertanyaan tentang suksesi.
Diskusi nuklirnya dengan Presiden Donald Trump juga terhenti tanpa dia memenangkan keringanan sanksi, serta AS dan Korea Selatan minggu ini memulai latihan militer gabungan.

"Suksesi pertemuan partai yang tidak biasa dalam beberapa bulan terakhir—dan mungkin bahkan kurangnya banyak aktivitas Korea Utara di bagian depan kebijakan luar negeri akhir-akhir ini, misalnya pengujian senjata—menunjukkan tindakan karantina dan pandemi global memiliki konsekuensi serius bagi ekonomi dan standar hidup masyarakat," kataRachel Minyoung Lee, mantan analis pemerintah AS yang mengkhususkan diri pada Korea Utara.

Korea Utara telah sesumbar bahwa tidak ada kasus infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi, klaim yang diragukan oleh pejabat AS dan Jepang. Virus itu membawa risiko besar bagi negara yang miskin itu, yang sistem medisnya yang kuno bisa kewalahan oleh wabah besar.

Pertemuan hari Rabu akan menjadi yang pertama kalinya bagi Komite Sentral Partai Buruh bersidang sejak sesi maraton empat hari pada akhir Desember, ketika Kim menyerukan "terobosan frontal" untuk membangun ekonomi dan keamanan negara. Dia juga memperingatkan Presiden AS Donald Trump bahwa Korea Utara tidak lagi terikat dengan janjinya untuk
menghentikan uji coba rudal besar. (Baca juga: Kim Jong-un hingga Raja Salman Ucapkan Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI )

Pertemuan-pertemuan penting Partai Buruh sering menyebabkan perombakan kader, yang bisa berarti kekuatan baru bagi adik perempuan terkemuka Kim Jong-un, Kim Yo-jong, dan pembersihan mereka yang dianggap "jatuh" karena virus atau pun masalah ekonomi.

Padapertemuan politbiro minggu lalu, Kim Jong-un memecat perdana menteri yang dia tunjuk lebih dari setahun yang lalu, mengubah kebijakan kota perbatasan selatan Kaesong dari lockdown virus corona dan mengatakan dia tidak akan menerima bantuan makanan asing karena risiko yang ditimbulkan oleh pandemi.

Korut dilanda banjir sejak awal bulan ini. Menurut analisis citra satelit oleh situs web 38North, hal itu juga berdampak pada fasilitas nuklir Yongbyon, dengan air mencapai rumah pompa untuk reaktor mothballed.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)