4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 27 Mei 2024 - 21:40 WIB
loading...
A A A
Hingga baru-baru ini, Paul menjabat sebagai direktur kongres dan urusan publik di Biro Urusan Politik-Militer Departemen Luar Negeri AS, namun mengundurkan diri karena perbedaan pendapat mengenai kebijakan AS di Gaza.

“Perselisihan, seperti mengenai status Yerusalem atau kendali atas perbatasan, hak atas air dan gelombang udara, dapat diselesaikan melalui mekanisme arbitrase global yang sudah mapan,” sarannya, sambil mencatat bahwa aturan hukum, penerbangan sipil atau telekomunikasi yang diterima secara internasional kemudian dapat digunakan untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Namun, keuntungan terbesar bagi Palestina mungkin bersifat simbolis. Sebuah negara Palestina pada akhirnya mungkin akan menuntut Israel ke pengadilan internasional, namun hal itu akan memakan waktu lama, kata Philip Leech-Ngo, seorang analis Timur Tengah yang berbasis di Kanada dan penulis buku “The State of Palestine” yang diterbitkan pada tahun 2016. : Analisis Kritis."

Bagi Otoritas Palestina, yang memerintah sebagian wilayah Tepi Barat yang diduduki dan merupakan bagian dari perwakilan resmi rakyat Palestina, “alasan utama adalah pengakuan,” kata Leech-Ngo kepada DW. “Mereka tidak bisa memberikan banyak hal lain kepada masyarakat Palestina. Mereka tidak bisa menghadapi Israel, mereka tidak mampu memperbaiki keadaan.

“Bagaimanapun,” lanjut Leech-Ngo, “pengakuan sebagai sebuah negara akan menjadi cara untuk mengatakan bahwa komunitas internasional menerima perjuangan Palestina adalah sah dan, dalam konteks pendudukan Israel yang berkepanjangan, hal ini menawarkan modal politik yang besar. "

3. Dikritik dan Ditentang Israel

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa sebagian besar warga Israel tidak ingin melihat negara Palestina. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengatakan hal yang sama selama bertahun-tahun. Dan bagi masyarakat Israel dan para pendukungnya di dunia internasional, ada juga kekhawatiran bahwa jika negara Palestina diakui sekarang, hal ini mungkin akan menjadi kemenangan bagi mereka yang menganjurkan kekerasan.

Konflik terbaru di Gaza dimulai setelah tanggal 7 Oktober, ketika kelompok militan Hamas menyerang Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang. Sejak itu, kampanye militer Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza telah menyebabkan sekitar 36.000 kematian.

Jika pengakuan tersebut terjadi sekarang, Hamas “kemungkinan besar akan mendapat pujian,” tulis Jerome Segal, direktur International Peace Consultancy, di majalah Foreign Policy pada bulan Februari. “[Hamas] akan mempertahankan bahwa pengakuan ini… menunjukkan bahwa hanya perjuangan bersenjata yang membuahkan hasil.”

4. Tidak Banyak Mengubah Kondisi di Lapangan

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Meskipun memiliki keuntungan hukum dan simbolis, pengakuan terhadap negara Palestina tidak akan serta merta mengubah apa pun di lapangan.

“Hambatan terbesar bagi pembentukan negara Palestina pada bulan Februari 2024 serupa dengan hambatan terbesar yang ada sebelum 7 Oktober,” tulis Dahlia Scheindlin, peneliti di lembaga pemikir AS Century International yang berbasis di Tel Aviv, pada bulan Februari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)
pixels