4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 27 Mei 2024 - 21:40 WIB
loading...
4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina
Pengakuan sekutu AS terhadap kemerdekaan Palestina akan berdampak buruk bagi Israel. Foto/AP
A A A
GAZA - Baru-baru ini, seruan agar dunia Barat mengakui negara Palestina semakin keras. Namun yang penting kali ini adalah bahwa pengakuan tersebut tampaknya sedang dipertimbangkan kembali oleh AS, sebuah negara yang yang sebelumnya telah memveto hampir setiap upaya untuk mengakui bangsa Palestina.

Inggris juga tampaknya mempertimbangkan hal ini meskipun, di masa lalu, negara tersebut sama-sama menentang langkah tersebut seperti Amerika.

“Apa yang perlu kita lakukan adalah memberikan cakrawala kepada rakyat Palestina menuju masa depan yang lebih baik, masa depan memiliki negara sendiri,” kata Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron pada bulan Februari.

Spanyol, Norwegia dan Irlandia semuanya berkomitmen untuk mengakui negara Palestina.

“Saat ini, lebih banyak pemain kunci di Timur Tengah yang memerlukan gerakan menuju negara demiliterisasi Palestina dibandingkan masa-masa sebelumnya,” tulis kolumnis New York Times, Thomas Friedman, pada bulan Februari.

Namun, para ahli telah mendesak kehati-hatian terhadap pernyataan-pernyataan dari AS dan Inggris, yang mengindikasikan bahwa pernyataan-pernyataan tersebut kemungkinan besar dibocorkan atau dalam kasus Inggris, secara terbuka disuarakan untuk memberikan tekanan pada pemerintah Israel yang semakin menentang, tidak terpengaruh oleh semakin tidak nyamannya sekutu dekat mereka terhadap Israel.

Saat dimintai klarifikasi, juru bicara AS mengatakan kebijakan pemerintah belum berubah untuk saat ini.

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina?=

1. Selalu Menimbulkan Kontroversi

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Bagi banyak negara di Barat, gagasannya adalah bahwa perubahan status Palestina akan terjadi pada akhir perundingan mengenai apa yang dikenal sebagai solusi dua negara, di mana Israel dan bangsa Palestina hidup berdampingan.

Inilah sebabnya mengapa pernyataan dan rumor terbaru menimbulkan begitu banyak perdebatan. Beberapa orang mengatakan bahwa pengakuan atas negara Palestina akan menjadi langkah pertama menuju solusi abadi dan damai terhadap konflik yang telah berlangsung puluhan tahun ini.

Namun pihak lain mengatakan bahwa kecuali kondisi di lapangan berubah, pengakuan tersebut tidak akan ada gunanya dan hanya akan menutupi status quo, sehingga negara Israel akan tetap memiliki kekuasaan penuh.


2. Memperkuat Negara Palestina baik Politik, Hukum dan Simbolis

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Pengakuan akan memberikan negara Palestina lebih banyak kekuatan politik, hukum dan bahkan simbolis.

Secara khusus, pendudukan Israel atau aneksasi wilayah Palestina akan menjadi masalah hukum yang lebih serius.

“Perubahan seperti itu akan menjadi landasan bagi perundingan status permanen antara Israel dan Palestina, bukan sebagai serangkaian konsesi antara penjajah dan pendudukan, namun antara dua entitas yang setara di mata hukum internasional,” tulis Josh Paul di Los Angeles Times awal tahun ini.

Hingga baru-baru ini, Paul menjabat sebagai direktur kongres dan urusan publik di Biro Urusan Politik-Militer Departemen Luar Negeri AS, namun mengundurkan diri karena perbedaan pendapat mengenai kebijakan AS di Gaza.

“Perselisihan, seperti mengenai status Yerusalem atau kendali atas perbatasan, hak atas air dan gelombang udara, dapat diselesaikan melalui mekanisme arbitrase global yang sudah mapan,” sarannya, sambil mencatat bahwa aturan hukum, penerbangan sipil atau telekomunikasi yang diterima secara internasional kemudian dapat digunakan untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Namun, keuntungan terbesar bagi Palestina mungkin bersifat simbolis. Sebuah negara Palestina pada akhirnya mungkin akan menuntut Israel ke pengadilan internasional, namun hal itu akan memakan waktu lama, kata Philip Leech-Ngo, seorang analis Timur Tengah yang berbasis di Kanada dan penulis buku “The State of Palestine” yang diterbitkan pada tahun 2016. : Analisis Kritis."

Bagi Otoritas Palestina, yang memerintah sebagian wilayah Tepi Barat yang diduduki dan merupakan bagian dari perwakilan resmi rakyat Palestina, “alasan utama adalah pengakuan,” kata Leech-Ngo kepada DW. “Mereka tidak bisa memberikan banyak hal lain kepada masyarakat Palestina. Mereka tidak bisa menghadapi Israel, mereka tidak mampu memperbaiki keadaan.

“Bagaimanapun,” lanjut Leech-Ngo, “pengakuan sebagai sebuah negara akan menjadi cara untuk mengatakan bahwa komunitas internasional menerima perjuangan Palestina adalah sah dan, dalam konteks pendudukan Israel yang berkepanjangan, hal ini menawarkan modal politik yang besar. "

3. Dikritik dan Ditentang Israel

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa sebagian besar warga Israel tidak ingin melihat negara Palestina. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengatakan hal yang sama selama bertahun-tahun. Dan bagi masyarakat Israel dan para pendukungnya di dunia internasional, ada juga kekhawatiran bahwa jika negara Palestina diakui sekarang, hal ini mungkin akan menjadi kemenangan bagi mereka yang menganjurkan kekerasan.

Konflik terbaru di Gaza dimulai setelah tanggal 7 Oktober, ketika kelompok militan Hamas menyerang Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang. Sejak itu, kampanye militer Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza telah menyebabkan sekitar 36.000 kematian.

Jika pengakuan tersebut terjadi sekarang, Hamas “kemungkinan besar akan mendapat pujian,” tulis Jerome Segal, direktur International Peace Consultancy, di majalah Foreign Policy pada bulan Februari. “[Hamas] akan mempertahankan bahwa pengakuan ini… menunjukkan bahwa hanya perjuangan bersenjata yang membuahkan hasil.”

4. Tidak Banyak Mengubah Kondisi di Lapangan

4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Foto/AP

Meskipun memiliki keuntungan hukum dan simbolis, pengakuan terhadap negara Palestina tidak akan serta merta mengubah apa pun di lapangan.

“Hambatan terbesar bagi pembentukan negara Palestina pada bulan Februari 2024 serupa dengan hambatan terbesar yang ada sebelum 7 Oktober,” tulis Dahlia Scheindlin, peneliti di lembaga pemikir AS Century International yang berbasis di Tel Aviv, pada bulan Februari.

“Pertama dan terpenting, kepemimpinan politik Israel berdedikasi untuk mencegah kemerdekaan Palestina dengan segala cara. Kedua, kepemimpinan Palestina benar-benar terpecah dan hampir tidak memiliki legitimasi domestik. Semua hambatan ini semakin parah sejak 7 Oktober,” tulisnya.

“Jika Anda menggunakan tongkat ajaib dan tiba-tiba menciptakan pengakuan terhadap negara Palestina, masih akan ada masalah besar di lapangan,” kata analis Timur Tengah Leech-Ngo. “Ada pendudukan, pemukiman [ilegal], kehancuran di Gaza dan kurangnya kontrol atas perbatasan serta pertanyaan tentang siapa yang mengendalikan Yerusalem. Ada banyak masalah status akhir yang tidak akan terselesaikan secara tiba-tiba – bahkan jika hal itu terjadi. Anda bisa mengayunkan tongkat ajaib,'' tutupnya.

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 13 Februari dan diperbarui pada 22 Mei untuk mencerminkan pengakuan Spanyol, Norwegia, dan Irlandia terhadap negara Palestina.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)
pixels