3 Fakta Kota Jabalia, Lokasi Kamp Pengungsi Terbesar di Gaza yang Diserang Israel

Senin, 27 Mei 2024 - 14:04 WIB
loading...
3 Fakta Kota Jabalia, Lokasi Kamp Pengungsi Terbesar di Gaza yang Diserang Israel
Ada 3 fakta menarik dari Kota Jabalia, lokasi kamp pengungsi terbesar di Gaza yang diserang Israel. Foto/REUTERS/Emad Gabon
A A A
JAKARTA - Kota Jabalia di Jalur Gaza, Palestina, menjadi sasaran baru serangan tentara Israel. Sejak dimulainya penyerangan beberapa waktu lalu, Badan Pertahanan Sipil Palestina mencatat lebih dari 300 rumah di sana telah hancur.

Sebagai informasi, sebelumnya Israel telah memulai operasi “evakuasi sementara” dari wilayah Jabalia. Dalih mereka pun masih sama, yakni untuk melenyapkan serdadu Hamas yang diklaim tengah membangun kekuatannya kembali di wilayah tersebut.

Sebelum operasi berlangsung, tentara Israel mengimbau warga setempat untuk segera pergi dari lokasi. Namun, banyak dari mereka yang menolak karena merasa tidak ada zona aman.

Fakta Kota Jabalia

1. Lokasi Jabalia


Jabalia merupakan salah satu kota di Palestina. Letaknya sekitar 4 kilometer di utara Kota Gaza.

Menurut Biro Pusat Statistik Palestina, populasi di Jabalia mencapai 172.704 jiwa pada 2017. Angka tersebut diperkirakan sudah berkurang menyusul konflik tiada henti yang antara Israel dan Hamas.

2. Lokasi Kamp Pengungsi Terbesar di Jalur Gaza


Jalur Gaza memiliki delapan kamp pengungsi yang tersebar di beberapa lokasi berbeda. Adapun salah satunya berada di Jabalia.

Menariknya, kamp di Jabalia menjadi kamp pengungsi terbesar di Jalur Gaza. Mengutip TheNewArab, populasinya mencapai 116.011 jiwa.

Kamp pengungsi Jabalia berada di wilayah seluas 1,4 kilometer persegi. Keadaan tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu kamp terpadat di Jalur Gaza.

Kamp pengungsi di Jabalia awalnya dibentuk setelah perang Arab-Israel tahun 1948 dan peristiwa Nakba. Waktu itu, para pengungsi melarikan diri dari seluruh Palestina ke Jalur Gaza dan menetap di Jabalia dan tujuh kamp pengungsi lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)
pixels