Israel Sekutu Utama AS tapi Tak Bisa Gabung NATO, Ini 5 Alasannya

Senin, 27 Mei 2024 - 13:16 WIB
loading...
Israel Sekutu Utama AS tapi Tak Bisa Gabung NATO, Ini 5 Alasannya
Ada 5 alasan Israel tak bisa gabung NATO meski rezim Zionis merupakan sekutu Utama AS. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Israel merupakan sekutu utama Amerika Serikat, negara adidaya pimpinan NATO. Meski demikian, negara Yahudi itu tidak bisa menjadi aliansi militer yang kuat tersebut.

Isu keanggotaan Israel di NATO selalu menjadi topik kontroversial dan kompleks karena berbagai alasan politik, sejarah, dan geografis.

5 Alasan Israel Tak Bisa Gabung NATO

1. Kontroversi Regional


Israel memiliki sejarah konflik panjang dengan negara-negara Arab di sekitarnya. Masalah Palestina dan konflik Arab-Israel telah menjadi titik fokus ketegangan di Timur Tengah.



Keanggotaan Israel di NATO dapat memperkeruh ketegangan regional dan mempersulit upaya perdamaian.

2. Kebijakan Luar Negeri AS


Sementara Israel adalah sekutu dekat AS, kebijakan Amerika di Timur Tengah harus mempertimbangkan dinamika kompleks di wilayah tersebut.

Menyertakan Israel dalam NATO dapat mengancam hubungan AS dengan negara-negara Arab yang tidak menyukai Israel.

3. Reaksi Internal NATO


Keanggotaan Israel dalam NATO bisa memicu reaksi negatif dari anggota NATO lainnya, terutama negara-negara yang memiliki hubungan yang buruk dengan Israel atau yang mempertanyakan kebijakan Israel terhadap Palestina. Contohnya; Turki.

4. Tata Kelola Organisasi


Masuknya Israel ke dalam NATO akan membutuhkan perubahan signifikan dalam struktur dan kebijakan organisasi. Ini bisa menjadi proses yang rumit dan membutuhkan konsensus dari semua anggota NATO.

5. Kondisi Geografis


Israel terletak di Timur Tengah, di luar wilayah geografis tradisional NATO yang terutama berfokus pada wilayah Eropa dan Atlantik Utara.

Meskipun negara-negara anggota NATO telah memperluas operasinya ke luar wilayah geografis asalnya, keanggotaan Israel masih merupakan pertimbangan logistik yang signifikan.

Meskipun Israel bukan anggota NATO, negara itu telah mengembangkan hubungan keamanan yang erat dengan banyak negara anggota NATO, terutama Amerika Serikat. Israel juga memiliki perjanjian kerja sama militer dengan beberapa negara NATO dan terlibat dalam berbagai proyek kolaboratif keamanan dengan anggota NATO.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)
pixels