Mengapa Banyak Pejabat Militer Rusia Ditangkap?

Sabtu, 25 Mei 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Kamis bahwa penangkapan baru-baru ini bukanlah sebuah “kampanye” melawan korupsi melainkan mencerminkan aktivitas yang sedang berlangsung di “semua badan pemerintah.”

Peskov dan Ivanov pernah menjadi bagian dari episode memalukan yang tertangkap kamera. Tim Navalny telah membagikan gambar juru bicara Kremlin tahun 2022 yang merayakan pesta ulang tahun mantan istri Ivanov. Dalam video tersebut, Peskov, dengan Ivanov di sisinya, terlihat mengenakan jam tangan yang diperkirakan berharga $85.000.

Mengapa Banyak Pejabat Militer Rusia Ditangkap?

Foto/AP

Pada bulan April, Komite Investigasi, lembaga penegak hukum utama Rusia, melaporkan bahwa Ivanov dicurigai melakukan tindakan suap yang sangat besar – merupakan tindak pidana yang dapat dihukum hingga 15 tahun penjara.

Sejak itu, penangkapan lain atas tuduhan suap termasuk Letjen Yury Kuznetsov, kepala direktorat personalia Kementerian Pertahanan; Mayor Jenderal Ivan Popov, seorang prajurit karir dan mantan komandan tertinggi di Ukraina; dan Letjen Vadim Shamarin, wakil kepala staf umum militer. Shamarin adalah wakil Valery Gerasimov, kepala staf umum.

Pejabat kementerian kelima dilaporkan ditangkap pada hari Kamis – Vladimir Verteletsky, dari departemen pengadaan pertahanan. Dia didakwa melakukan penyalahgunaan jabatan yang mengakibatkan kerugian senilai lebih dari 70 juta rubel (sekitar USD776.000), kata Komite Investigasi.

Selain itu, wakil kepala layanan penjara federal untuk wilayah Moskow, Vladimir Telayev, ditangkap pada Kamis atas tuduhan suap besar-besaran, kata laporan Rusia.


Korupsi Sangat Membelenggu Militer Rusia

Mengapa Banyak Pejabat Militer Rusia Ditangkap?

Foto/AP

Penangkapan tersebut menunjukkan bahwa korupsi yang “sangat mengerikan” di Kementerian Pertahanan tidak akan lagi ditoleransi, kata Richard Connolly, pakar ekonomi Rusia di Royal United Services Institute di London.

Tak lama setelah pelantikannya, Putin menggantikan Shoigu sebagai menteri pertahanan dengan Andrei Belousov, seorang ekonom. Peskov mengatakan peningkatan anggaran pertahanan Rusia harus disesuaikan dengan perekonomian yang lebih luas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0690 seconds (0.1#10.140)