Latihan Perang China Berakhir, Taiwan Beberkan Kelemahan Beijing

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:48 WIB
loading...
Latihan Perang China Berakhir, Taiwan Beberkan Kelemahan Beijing
China mengepung Taiwan sebagai bentuk provokasi. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - China mengakhiri latihan perang selama dua hari di sekitar Taiwan yang melakukan simulasi serangan dengan pesawat pembom dan berlatih menaiki kapal. Itu menjadi latihan yang dikutuk Taiwan sebagai "provokasi terang-terangan" pada Sabtu (25/4/2024), merinci lonjakan pesawat tempur dan kapal perang China.

Saluran militer televisi pemerintah China mengatakan pada Jumat malam bahwa latihan tersebut telah selesai. Sebuah komentar di Harian Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan bentrokan tersebut berlangsung selama dua hari dari Kamis hingga Jumat, seperti yang diumumkan sebelumnya.

Kementerian Pertahanan China tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar pada hari Sabtu.

China , yang mengklaim Taiwan memiliki pemerintahan demokratis sebagai wilayahnya, meluncurkan latihan “Pedang Bersama – 2024A” tiga hari setelah Lai Ching-te menjadi presiden Taiwan, seorang pria yang disebut Beijing sebagai “separatis”.

Beijing mengatakan latihan itu adalah “hukuman” atas pidato pelantikan Lai pada hari Senin, di mana ia mengatakan kedua sisi Selat Taiwan “tidak tunduk satu sama lain”, yang oleh China dipandang sebagai deklarasi bahwa keduanya adalah negara yang terpisah.

Lai telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan China tetapi ditolak. Dia mengatakan hanya rakyat Taiwan yang bisa menentukan masa depan mereka, dan menolak klaim kedaulatan Beijing. Pemerintah Taiwan mengecam latihan tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka tidak akan takut dengan tekanan China.

Hanya Memamerkan 62 Pesawat dan 27 Kapal Perang

Latihan Perang China Berakhir, Taiwan Beberkan Kelemahan Beijing

Foto/Reuters

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mendeteksi 62 pesawat militer China dan 27 kapal angkatan laut pada hari Jumat, termasuk 46 pesawat yang melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang sebelumnya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak.

Pesawat China, termasuk pesawat tempur canggih Su-30 dan pembom H-6 berkemampuan nuklir, terbang di selat tersebut serta ke Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina, kata kementerian itu.

Pada hari Jumat, mereka menerbitkan rekaman pesawat tempur J-16 China dan H-6 yang diambil oleh pesawat angkatan udara Taiwan, tetapi tidak menyebutkan secara pasti di mana rekaman itu diambil.


Merusak Status Quo

Kantor kepresidenan Taiwan pada hari Sabtu bahwa tindakan militer China telah merusak status quo yang damai dan stabil di Selat Taiwan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)
pixels