Jadi Negara Pertama yang Siap Tangkap Netanyahu, Ini Hubungan Norwegia dan Israel

Jum'at, 24 Mei 2024 - 22:01 WIB
loading...
Jadi Negara Pertama yang Siap Tangkap Netanyahu, Ini Hubungan Norwegia dan Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
A A A
OSLO - Hubungan antara Norwegia dan Israel adalah perjalanan panjang yang dipenuhi berbagai momen penting.

Norwegia adalah salah satu negara pertama yang mengakui berdirinya Israel, tepatnya pada 4 Februari 1949. Sejak saat itu, hubungan kedua negara terus berkembang dan mengalami berbagai dinamika.

Pada tahun 1992 hingga 1993, Norwegia memainkan peran penting sebagai fasilitator dalam perundingan antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Perundingan ini menghasilkan Perjanjian Oslo pada 1993, momen bersejarah yang menandai upaya perdamaian antara Israel dan Palestina.

Norwegia tidak hanya berperan sebagai fasilitator, tetapi juga tetap terlibat sebagai ketua kelompok donor yang mengoordinasikan bantuan internasional untuk wilayah Palestina.

Ini menunjukkan komitmen Norwegia dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Namun, hubungan antara Norwegia dan Israel juga menghadapi tantangan. Salah satu contohnya adalah pada Oktober 2023, ketika Norwegia menilai Israel telah melanggar hukum internasional dalam operasi militer mereka di Gaza.



Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, mengatakan meskipun Oslo mendukung hak pertahanan diri Israel, hukum humaniter internasional harus dipatuhi oleh rezim penjajah Zionis.

Perkembanan selanjutkan, Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Karim Khan telah mengajukan permintaan agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant ditangkap dan dihadirkan di pengadilan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)
pixels