Norwegia Bersama Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:10 WIB
loading...
A A A
“Saya yakin negara-negara lain akan bergabung dengan kami dalam mengambil langkah penting ini dalam beberapa minggu mendatang.”

Tiga pemimpin pemerintah Irlandia – Harris, wakil perdana menteri Micheal Martin dan menteri Eamon Ryan – mengadakan konferensi pers hari ini untuk mengumumkan keputusan tersebut.

“Prinsip kesetaraan adalah landasan keadilan, hidup berdampingan secara damai, dan masa depan yang lebih baik. Dan itulah sebabnya saat ini, ketika prinsip ini sedang diserang di seluruh Timur Tengah, kami mengambil langkah ini,” kata Martin.

“Kami dengan tegas mendukung hak keberadaan Negara Israel dan hak rakyat Israel atas penentuan nasib sendiri secara damai, sama seperti kami dengan tegas mendukung hak keberadaan Negara Palestina, dan hak rakyat Palestina untuk hidup damai. penentuan nasib sendiri."

Hal ini terjadi ketika Israel melanjutkan kampanye pengeboman brutalnya di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 35.500 warga Palestina dan menyebabkan hampir seluruh wilayah kantong tersebut menjadi reruntuhan.

Irlandia berharap pengakuan negara Palestina akan membantu mendorong proses perdamaian dan mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.

“Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kami percaya bahwa para pihak di masa depan harus bertemu secara setara – sebagai dua negara, dengan tanggung jawab untuk mencapai penyelesaian akhir melalui negosiasi langsung,” jelas Martin.

“Pengakuan atas Palestina bukanlah akhir dari sebuah proses; ini adalah permulaan… Saya juga akan terus bekerja tanpa kenal lelah untuk mencapai prioritas utama dalam menjamin gencatan senjata di Gaza, pembebasan sandera tanpa syarat, dan akses kemanusiaan yang penuh, aman dan tanpa hambatan. Jalan ke depan masih panjang,” tutupnya.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)
pixels