Norwegia Bersama Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:10 WIB
loading...
Norwegia Bersama Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina
Norwegia, Irlandia dan Spanyol mengakui negara Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Norwegia akan mengakui negara Palestina merdeka dengan harapan hal ini akan membantu mewujudkan perdamaian dengan Israel. Demikian diungkapkan Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr Stoere.

Irlandia dan Spanyol juga akan mengumumkan pengakuan negara Palestina. Anggota Uni Eropa, Slovenia dan Malta, juga telah mengindikasikan dalam beberapa pekan terakhir bahwa mereka berencana untuk memberikan pengakuan tersebut, dengan alasan bahwa solusi dua negara sangat penting untuk perdamaian abadi di wilayah tersebut.

Norwegia: 2 Negara Bisa Hidup Damai Satu Sama Lain

Norwegia Bersama Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

Foto/Reuters

“Di tengah perang, dengan puluhan ribu orang tewas dan terluka, kita harus menjaga satu-satunya hal yang bisa memberikan rumah yang aman bagi warga Israel dan Palestina: dua negara yang bisa hidup damai satu sama lain,” kata Stoere.

Sebelum pengumuman tersebut, sekitar 143 dari 193 negara anggota PBB mengakui negara Palestina.

Negara-negara Eropa melakukan pendekatan berbeda terhadap masalah ini. Beberapa negara, seperti Swedia, mengakui negara Palestina satu dekade yang lalu, sementara Prancis tidak berencana untuk melakukan hal tersebut kecuali jika hal tersebut dapat menjadi alat yang efektif untuk mencapai kemajuan menuju perdamaian.

Tindakan ini dilakukan ketika pasukan Israel memimpin serangan di tepi utara dan selatan Jalur Gaza pada bulan Mei, menyebabkan eksodus baru ratusan ribu orang, dan secara tajam membatasi aliran bantuan, sehingga meningkatkan risiko kelaparan.

Norwegia yang bukan anggota UE telah lama mengatakan bahwa mereka akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara hanya jika hal tersebut dapat memberikan dampak positif pada proses perdamaian, sejalan dengan apa yang telah dikatakan Amerika Serikat mengenai masalah ini.

Norwegia adalah sekutu dekat AS, dan negara Nordik ini telah beberapa kali berupaya membantu menengahi perdamaian antara Israel dan Palestina dalam beberapa dekade terakhir.


Irlandia: Banyak Negara Akan Mengakui Palestina

Irlandia telah mengakui negara Palestina, kata Perdana Menteri Simon Harris hari ini, menyatakan bahwa “ini bukanlah waktu yang salah untuk melakukan hal yang benar”.

Dalam konferensi pers sebelum keputusan tersebut dibuat secara resmi, Harris mengatakan: “Hari ini, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)
pixels