Wakil Atase Militer Venezuela di PBB Dukung Guaido

Kamis, 21 Februari 2019 - 07:51 WIB
Wakil Atase Militer Venezuela di PBB Dukung Guaido
Wakil Atase Militer Venezuela di PBB Dukung Guaido
A A A
NEW YORK - Wakil atase militer Venezuela untuk PBB , Kolonel Pedro Chirinos, dalam sebuah video di media sosial mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara negara kaya minyak itu. Pengakuan ini semakin meningkatkan tekanan kepada presiden sosialis Nicolas Maduro .

Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, John Bolton, menyoroti pengumuman Chirinos dalam sebuah catatan yang diposting di Twitter. Namun ia salah mengidentifikasinya sebagai atase militer Venezuela untuk PBB.

"Atase militer Venezuela untuk PBB, Kolonel Pedro Chirinos, telah mengumumkan pengakuan resminya terhadap Juan Guaido sebagai Presiden Sementara Venezuela," kata Bolton dalam catatannya seperti dilansir dari Reuters, Kamis (21/2/2019).

Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Bolton di Twitter, dengan mengenakan seragam militer dan berdiri di depan bendera Venezuela dan PBB, Chirinos mengidentifikasi dirinya dan menyebut pemerintahan Maduro dibentuk secara ilegal.

"Saya mengakui, dan menawarkan dukungan serta kepatuhan saya, kepada pemerintah transisi yang dipimpin oleh presiden, Juan Guaido," kata Chirinos.

Sementara itu juru bicara PBB, Stephane Dujarric mengatakan, ia tidak mengetahui adanya pemberitahuan dari misi Venezuela di PBB tentang perubahan delegasi.

AS dan sejumlah negara lain telah secara terbuka mendukung Guaido, yang bulan lalu mengajukan ketentuan konstitusional untuk menjadi presiden sementara setelah menyatakan terpilihnya kembali Maduro dalam pemilu presiden tahun lalu tidak sah.

Maduro mempertahankan dukungan dari Rusia dan China serta mengendalikan lembaga-lembaga negara Venezuela, termasuk dinas keamanan. Dia mengatakan Guaido memimpin kudeta yang diarahkan oleh AS terhadapnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4329 seconds (0.1#10.140)