Diplomasi Minuman Cognac Menguak Hubungan Xi Jinping dan Emmanuel Macron

Rabu, 15 Mei 2024 - 20:50 WIB
loading...
A A A
“Kami menentang penggunaan krisis Ukraina untuk menyalahkan, mencemarkan nama baik negara ketiga, dan memicu Perang Dingin baru,” kata Xi pada hari Senin.

Referensi pada “Perang Dingin baru”, jargon Partai Komunis China yang biasanya digunakan untuk mengecam manuver geopolitik apa pun yang dilakukan Washington yang tidak disukai oleh Beijing, mungkin menyentuh hati Macron, yang berupaya mengembangkan Eropa sebagai kekuatan militer dan ekonomi yang otonom secara strategis dan independen dari pengaruh China atau Amerika Serikat (AS).

Pada akhir hari pertama Xi di Paris, suasana di Elysée cukup optimistis, karena beberapa penasihat melihat secercah harapan dalam pembicaraan khususnya mengenai Ukraina.

Dalam pernyataan bersama kepada pers, Xi mengumumkan bahwa dia mendukung seruan presiden Prancis untuk melakukan “gencatan senjata Olimpiade”, yang dilihat Macron sebagai peluang untuk “mengupayakan penyelesaian [konflik] yang berkelanjutan dengan sepenuhnya menghormati hukum internasional.”

Namun karena Rusia mendapatkan keuntungan di medan perang di Ukraina dan dilaporkan bersiap melakukan serangan selama musim panas, pembicaraan tentang gencatan senjata selama Olimpiade terdengar hanya angan-angan mengingat kenyataan di lapangan.

Menurut Marc Julienne, pakar China di lembaga pemikir IFRI yang berbasis di Paris, niat baik China dalam masalah ini “bukanlah keuntungan nyata” bagi Prancis, karena ini adalah sesuatu yang diinginkan oleh Beijing.

“Dukungan terhadap usulan gencatan senjata oleh presiden Prancis selama Olimpiade sejalan dengan dukungan china terhadap gencatan senjata, tanpa ada tindakan ke arah itu,” katanya.

Mengemudi Irisan


Macron dalam beberapa pekan terakhir, mendesak China dan Eropa untuk membangun hubungan perdagangan yang “lebih seimbang” dan pada hari Senin membahas topik tersebut secara langsung dalam pembicaraan tiga arah dengan Presiden Komisi UE Ursula von der Leyen.

Macron menyebut penangguhan tarif preemptive untuk Cognac Prancis juga merupakan sebuah kemenangan. Dia memuji Xi “atas keterbukaannya mengenai tindakan sementara terhadap Cognac Prancis dan keinginannya untuk tidak menerapkannya.”

Namun Xi tidak mengatakan bahwa dia menentang tarif terhadap Cognac Prancis. Sebaliknya, Kementerian Luar Negeri China mengutip pernyataan Xi yang menyangkal “apa yang disebut sebagai ‘masalah kelebihan kapasitas China’.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)