Kota Kecil di Filipina Bisa Jadi Medan Perang karena Akan Jadi Pangkalan Tentara AS

Senin, 13 Mei 2024 - 18:55 WIB
loading...
A A A
“Salah satu masalahnya adalah di mana kita bisa mendatangkan calon pengungsi dan anggaran untuk itu,” kata Miranda.

Di kota pedesaan Cagayan lainnya di barat daya Santa Ana bernama Lal-lo, sebagian bandara ditetapkan sebagai tempat perkemahan bagi pasukan Amerika.

Berbeda dengan dua pangkalan militer besar yang biasa diduduki pasukan Amerika, termasuk pangkalan Angkatan Laut di Teluk Subic yang luasnya kira-kira sebesar Singapura dan memiliki distrik lampu merah yang ramai, militer A.S. sedang membangun kehadiran baru di wilayah yang jauh lebih kecil di dalam wilayahnya. Kamp Filipina.

Selama latihan tempur skala besar yang disebut Balikatan – bahasa Tagalog yang berarti “bahu-ke-bahu” – yang berakhir pada hari Jumat, helikopter Black Hawk dan Chinook yang membawa pasukan sekutu, senjata mereka dan perbekalan lainnya mendarat dan lepas landas di bandara Lal-lo dan kamp angkatan laut di Santa Ana. Beberapa jurnalis, termasuk dari The AP, diundang untuk menyaksikan manuver pertempuran tersebut.

“Itu adalah lokasi yang penting. Ini penting karena ini adalah situs EDCA sehingga merupakan masalah besar bagi Amerika Serikat dan Filipina,” kata Letkol Marinir A.S. Matthew Schultz kepada wartawan di bandara Lal-lo.

“Salah satu tantangan yang kami hadapi saat ini di lapangan terbang ini adalah tidak adanya banyak tempat parkir atau taxiway atau ruang apron tambahan untuk memfasilitasi banyak pesawat,” kata Schultz.

Proyek Militer Bernilai Jutaan Dolar

Kota Kecil di Filipina Bisa Jadi Medan Perang karena Akan Jadi Pangkalan Tentara AS

Foto/AP

Duta Besar untuk AS Jose Manuel Romualdez mengatakan, perjanjian EDCA, yang ditandatangani pada tahun 2014, memiliki jangka waktu awal selama 10 tahun dan telah diperpanjang secara otomatis dengan kedua belah pihak berdasarkan perjanjian tersebut.

Perjanjian tersebut memungkinkan kelompok pasukan AS yang bergilir untuk tetap bebas sewa di lokasi militer dan menyimpan peralatan pertahanan mereka – kecuali senjata nuklir – di sana.

AS telah mengalokasikan lebih dari USD82 juta untuk pembangunan amunisi dan penyimpanan bahan bakar, fasilitas pelatihan tempur perkotaan, parkir pesawat, perbaikan landasan pacu dan gudang untuk barang-barang tanggap kemanusiaan di lima lokasi EDCA pertama.

Presiden Ferdinand Marcos Jr. setuju untuk menambah empat lokasi EDCA lagi di mana pasukan AS dapat tinggal, termasuk kamp angkatan laut Filipina di Santa Ana dan bandara Lal-lo, tahun lalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)
pixels