5 Strategi Xi Jinping Menggelorakan Perang Dingin Jilid II, Salah Satunya Mendorong Prancis Jadi Superpower

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:12 WIB
loading...
A A A
Di Budapest, Xi menjanjikan lebih banyak investasi di bidang transportasi dan energi, termasuk pembangunan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan pusat ibu kota ke bandara dan kerja sama di sektor nuklir, menurut para pejabat Hongaria.

Xi juga berjanji untuk melanjutkan proyek senilai $2,1 miliar untuk menghubungkan ibu kota Hongaria dengan ibu kota Serbia. Rencana tersebut, yang sebagian besar dibiayai oleh pinjaman dari Tiongkok, merupakan bagian dari Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan.

5. Mememperkuat Perang Dingin Jilid II

5 Strategi Xi Jinping Menggelorakan Perang Dingin Jilid II, Salah Satunya Mendorong Prancis Jadi Superpower

Foto/AP

Semua ini menunjukkan keinginan Xi “untuk memperkenalkan kembali Perang Dingin Jilid III sebagai pemain geostrategis yang signifikan,” kata Yu. “Dengan dukungan ekonomi China, negara-negara pinggiran UE dapat menjadi pemain ekonomi Eropa yang lebih signifikan, memiliki kecepatan pertumbuhan yang lebih tinggi dan menyediakan rantai pasokan berteknologi tinggi,” katanya.

Bagi China, Hongaria berfungsi sebagai pintu gerbang ke blok perdagangan UE dan Yu menambahkan bahwa semakin besarnya kemitraan Beijing dengan Hongaria juga “berpotensi menganggap sanksi UE terhadap kendaraan listrik China tidak efektif”.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)