Tersandung Skandal dan Berselisih dengan Trudeau, Menkeu Kanada Resign

Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:53 WIB
loading...
A A A
"Tampaknya tidak ada saran pada tahap ini bahwa ini memiliki implikasi yang lebih luas bagi pemerintah Kanada," imbuhnya.

Kemungkinan pengganti untuk posisi kunci termasuk Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland, Menteri Luar Negeri Francois-Philippe Champagne dan Presiden Dewan Keuangan Kanada Jean-Yves Duclos.

Dalam sebuah pernyataan, Trudeau berterima kasih kepada Morneau atas jasanya selama lima tahun terakhir dan mengatakan dia akan dengan penuh semangat mendukung tawaran Morneau untuk memimpin OECD.

Menambah tantangan Morneau, beberapa anggota kabinet kesal ketika ia mengungkapkan bahwa dia lupa membayar biaya perjalanan yang ditanggung untuknya oleh badan amal di jantung penyelidikan etika. Morneau dan Trudeau menghadapi pertanyaan tentang etika terkait dengan badan amal tersebut.

"Pengunduran diri Morneau adalah bukti lebih lanjut dari pemerintah dalam kekacauan," kata pemimpin Partai Konservatif Andrew Scheer di Twitter.

"Pemerintah begitu termakan skandal sehingga Trudeau telah mengamputasi tangan kanannya untuk mencoba menyelamatkan dirinya sendiri," ia menambahkan.

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters perselisihan itu mencerminkan kekhawatiran di antara para pemimpin bisnis bahwa Ottawa memiliki sedikit minat yang jelas dalam ekonomi.

Bisnis dan analis juga khawatir tentang Ottawa yang terganggu oleh perselisihan saat menangani krisis virus corona.

"Saya ragu Anda akan melihat menteri keuangan lain di seluruh dunia mengundurkan diri pada saat ini karena ketidakpastian ekonomi dan fiskal yang meningkat," David Rosenberg, kepala ekonom di Rosenberg Research & Associates.

"Ini seperti seorang petinju yang dipaksa melepaskan sarung tangannya di ronde kelima," cetusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)