alexametrics

Hadapi Rusia, Jet Tempur Siluman F-35 Inggris Siap Tempur

loading...
Hadapi Rusia, Jet Tempur Siluman F-35 Inggris Siap Tempur
Pesawat jet tempur Typhoon dan F-35. Foto/The Telegraph
A+ A-
LONDON - Jet tempur siluman terbaru Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris, F-35B Lightning, diklaim siap tempur untuk melawan "ancaman" Rusia yang bangkit kembali. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Gavin Williamson.

Rincian kesiapan dari apa yang disebut dengan "Initial Operating Capability (IOC)" diharapkan diumumkan pada hari Kamis kemarin di RAF Marham, Norfolk, rumah bagi jet tempur F-35 dan Tornado. Jet tempur Tornado telah menjadi andalan RAF sejak tahun 1970-an dan memasuki usia pensiun.

Jet tempur Tornado telah memberikan kekuatan udara kritis di Irak, Afghanistan, Balkan, dan wilayah yang lebih luas.



Williamson juga akan mengumumkan peningkatan yang signifikan pada armada pesawat tempur Typhoon RAF, suatu langkah yang disambut oleh para ahli pertahanan.

Justin Bronk, peneliti di RUSI (Royal United Services Institute) yang berspesialisasi dalam kekuatan tempur udara, mengatakan; "Jika Inggris akan memiliki jawaban atas ancaman Rusia yang bangkit, kita benar-benar membutuhkan Typhoon dan F-35 bekerja bersama, yang membutuhkan sedikit modernisasi."

"Secara teori keduanya saling melengkapi dengan cemerlang, tetapi Anda perlu mendapatkan modernisasi sebelum itu menjadi kenyataan," katanya, yang dikutip The Telegraph, Jumat (11/1/2019).

Typhoon yang telah di-upgrade, yang beroperasi bersama F-35 akan membuat Inggris mampu menundukkan pesawat-pesawat tempur di dunia selama setidaknya dalam 20 tahun. Typhoon kemungkinan akan diganti pada akhir usianya dengan Tempest, jet siluman generasi berikutnya yang diluncurkan pada bulan Juli di pameran udara Farnborough.

Kementerian Pertahanan akan menginvestasikan £2 miliar pada tahun 2025 untuk mendatangkan pesawat baru, yang akan digunakan pada tahun 2035.

Pembaruan yang direncanakan untuk Typhoon diharapkan mencakup beberapa peningkatan teknologi yang akan dikembangkan lebih lanjut untuk Tempest, seperti radar canggih yang baru.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak