China Akan Fasilitasi Denuklirisasi di Semenanjung Korea

Kamis, 10 Januari 2019 - 10:21 WIB
China Akan Fasilitasi Denuklirisasi di Semenanjung Korea
China Akan Fasilitasi Denuklirisasi di Semenanjung Korea
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan pada pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un bahwa Beijing siap untuk secara aktif memfasilitasi proses denuklirisasi nuklir di Semenanjung Korea. Demikian laporan yang diturunkan Xinhua.

"Adalah kepentingan kami untuk bertindak dalam arah yang sama dengan Anda, menyatukan upaya dengan pihak-pihak berkepentingan lainnya. Untuk memastikan perdamaian dan keamanan, kami akan memfasilitasi denuklirisasi dan memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian jangka panjang di kawasan itu," kata Xi Jinping seperti dikutip TASS dari Xinhua, Kamis (10/1/2018).

Sementara itu, pemimpin Korut Kim Jong-un menyatakan harapannya bahwa pihak-pihak yang berminat akan memberikan bantuan dalam proses denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Saya berharap bahwa pihak-pihak yang berkepentingan akan memperhatikan dan secara aktif mendukung DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea), akan mempertimbangkan keprihatinan kami dan akan menyatukan upaya penyelesaian menyeluruh masalah denuklirisasi di Semenanjung Korea," kata Kim Jong-un.

Ia menambahkan bahwa Korut akan secara konsisten mengejar pelucutan nuklir secara eksklusif melalui dialog damai.

Pada tanggal 7 Januari pemimpin Korut, Kim Jong-un, melakukan kunjungan resmi ke Beijing di mana ia mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping. Kunjungan itu dilakukan menjelang kemungkinan pertemuan puncak kedua antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6422 seconds (0.1#10.140)