Buronan Rp326 Juta Asal Korut Berhasil Diciduk Polisi China

Minggu, 28 November 2021 - 14:38 WIB
loading...
Buronan Rp326 Juta Asal Korut Berhasil Diciduk Polisi China
Warga Korut yang kabur dari penjara China, Zhu Xianjiang, berhasil ditangkap. Foto/The National
A A A
BEIJING - Pihak kepolisian China berhasil menangkap seorang tahanan asal Korea Utara (Korut) yang melarikan diri dari penjara pada bulan Oktober lalu dan telah buron selama lebih dari 40 hari.

Pejabat di timur laut China sempat menawarkan hadiah USD23 ribu atau sekitar Rp326 Juta untuk menangkap buronan yang terkenal ahli melarikan diri itu. Pengumuman ini pun memicu minat perburuan besar-besaran di media sosial.

Tahanan berusia 39 tahun, yang diidentifikasi dengan nama China Zhu Xianjian, dipenjara di China setelah melarikan diri dariKorut yang tertutup.

Dia melarikan diri dari fasilitas di kota Jilin dengan memanjat gudang dan melompati tembok luar pada 18 Oktober, dan berhasil kabur sebelum ditangkap pada hari Minggu (28/11/2021).



Sebuah pernyataan satu baris yang dikeluarkan pihak kepolisian Jilin mengatakan dia telah diperingatkan sekitar pukul 10:00 Minggu pagi, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Video yang dibagikan oleh Beijing News yang dikelola pemerintah menunjukkan seorang pria yang tampak kurus sedang digendong oleh beberapa petugas, dengan foto dirinya kemudian berbaring di tanah dengan tangan di belakang punggungnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Zhu dihukum karena masuk secara ilegal ke China, melakukan pencurian dan perampokan, serta akan dibebaskan dan dideportasi kembali ke Korut pada tahun 2023. Hal ini memicu spekulasi di dunia maya bahwa dia melarikan diri untuk menghindari dikirim kembali ke negara asalnya.

Dia secara ilegal menyeberangi sungai yang memisahkan Korut dari China pada 2013. Dia kemudian menyerang beberapa rumah di desa terdekat, mencuri uang, ponsel, dan pakaian, menurut catatan pengadilan.



Dia juga menikam seorang wanita tua yang menemukannya dan mencoba melarikan diri dengan taksi sebelum ditangkap oleh polisi.

Human Rights Watch mengatakan dalam laporan bulan Juli bahwa setidaknya 1.100 warga Korut ditahan di China, sekutu utama Pyongyang dan penyokong ekonomi.

Banyak yang menghadapi deportasi kembali ke negara asal mereka setelah dibebaskan, di mana mereka mungkin menderita penyiksaan dan pelanggaran hak asasi lainnya, menurut LSM tersebut.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)