Taiwan Samakan China dengan Korea Utara karena Lakukan Ini

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 07:24 WIB
loading...
Taiwan Samakan China dengan Korea Utara karena Lakukan Ini
Rudal hipersonik Dongfeng DF-17 mungkin telah digunakan China dalam latihan di dekat Taiwan dan Jepang. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan menuduh China "mengikuti contoh Korea Utara" dengan menembakkan rudal balistik di dekat wilayah negara lain.

Sebelumnya, Jepang mengatakan sejumlah rudal China jatuh di zona ekonomi eksklusifnya.

Beijing mengumumkan pada Kamis sore (4/8/2022) bahwa mereka telah menembakkan beberapa senjata jarak jauh ke bagian timur Selat Taiwan.

Media China melaporkan rudal hipersonik Dongfeng DF-17 mungkin telah digunakan dalam latihan tersebut.



“Taiwan sangat mengutuk pemerintah China yang mengikuti contoh Korea Utara dalam uji coba rudal yang sewenang-wenang di perairan yang dekat dengan negara lain,” tegas pernyataan itu, diakhiri dengan seruan kepada “komunitas internasional” untuk mengutuk tindakan China.

China telah mengadakan beberapa latihan militer pada hari-hari menjelang dan setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan pada Selasa.

China mengklaim kedaulatan atas pulau yang diperintah sendiri. Meski AS secara resmi mengakui klaim ini, Beijing menganggap kunjungan politisi AS berpangkat tinggi seperti itu sebagai dukungan yang hampir resmi atas kemerdekaan Taiwan.

Sebelum kunjungan Pelosi, yang tidak dikonfirmasi sampai beberapa jam sebelum pendaratannya, Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden untuk tidak “bermain dengan api.”

Setelah perjalanan itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menggambarkan kunjungan Pelosi sebagai “lelucon yang lengkap” dan menyatakan, “Mereka yang menyinggung China akan dihukum.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)