Warga Uzbekistan Dilarang Pelihara Harimau, Beruang, dan Buaya di Rumah

Sabtu, 09 September 2023 - 08:09 WIB
loading...
Warga Uzbekistan Dilarang Pelihara Harimau, Beruang, dan Buaya di Rumah
Harimau dan anaknya berada di kebun binatang. Foto/REUTERS
A A A
TASHKENT - Penduduk Uzbekistan tidak bisa lagi memelihara spesies beruang, buaya, atau harimau tertentu di rumah. Keputusan ini berdasarkan amandemen undang-undang perlindungan satwa liar yang ditandatangani Presiden Shavkat Mirziyoyev pada Jumat (8/9/2023).

Amandemen tersebut dimaksudkan untuk melindungi lingkungan serta melestarikan dan memanfaatkan keanekaragaman hayati, dan akan menjadi dasar untuk menjamin kondisi kehidupan yang stabil dan melestarikan populasi alami hewan liar, terutama spesies langka dan terancam punah.

Badan legislatif Uzbekistan mengadopsi amandemen tersebut pada Mei dan Senat menyetujuinya bulan lalu.

Pemerintah di Tashkent belum mempublikasikan daftar lengkap spesies yang mendapat perlindungan khusus berdasarkan undang-undang baru tersebut.

Media Uzbekistan sebelumnya mengutip Kementerian Lingkungan Hidup yang mengatakan, “Lebih dari lima puluh spesies akan dilindungi, termasuk harimau dan buaya, serta spesies beruang, ikan, ular, dan serangga tertentu.”



Uzbekistan sebelumnya telah menaikkan denda atas kekejaman terhadap hewan, perburuan liar, polusi air, dan pembuangan limbah yang tidak tepat, juga dengan alasan masalah lingkungan.

Sekitar 80% wilayah Uzbekistan tergolong gurun. Bekas republik Soviet yang terkurung daratan ini terletak di jalur perdagangan Jalur Sutra kuno.

Negara ini mempunyai populasi 36 juta jiwa, terkonsentrasi terutama di beberapa kota di selatan dan tenggara. Berbatasan dengan Kazakhstan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Tajikistan, dan Afghanistan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)