China Murka Blinken Ancam Beijing soal Hubungan dengan Rusia

Jum'at, 26 April 2024 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Beijing malah menyalahkan NATO karena memicu krisis ini dengan melanjutkan ekspansinya di Eropa dan menolak menghormati kekhawatiran keamanan nasional Rusia.

Setelah pertemuannya dengan Blinken, Presiden Xi menyarankan Amerika Serikat dan China “harus menjadi mitra, bukan saingan” dan harus berusaha mencapai “keberhasilan bersama dan tidak saling merugikan.”

“Saya mengusulkan tiga prinsip utama: saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan. Ini bukan hanya ringkasan pengalaman masa lalu, tapi juga panduan untuk masa depan,” ujar pemimpin China tersebut.

Beijing telah mempertahankan kebijakan netralitas dalam konflik Ukraina, dan para pejabat China berulang kali menyatakan negaranya tidak menjual senjata ke Rusia atau Ukraina.

Awal bulan ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menegaskan Beijing “mengatur ekspor barang-barang penggunaan ganda sesuai dengan undang-undang dan peraturan,” dan mendesak “negara-negara terkait” tidak “mencoreng atau menyerang hubungan normal antara China dan Rusia.”

Pada Desember tahun lalu, Presiden AS Joe Biden mengeluarkan dekrit yang memungkinkan sanksi terhadap lembaga keuangan asing yang terus berhubungan dengan Rusia.

Ini menargetkan pemberi pinjaman di luar yurisdiksi AS dan Uni Eropa (UE) yang membantu Rusia mendapatkan barang-barang sensitif, yang dilaporkan mencakup semikonduktor, peralatan mesin, prekursor kimia, bantalan bola, dan sistem optik.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)