Tak Ingin Bersitegang dengan Militer Thailand, Pemberontak Myanmar Mundur dari Perbatasan

Rabu, 24 April 2024 - 17:35 WIB
loading...
Tak Ingin Bersitegang dengan Militer Thailand, Pemberontak Myanmar Mundur dari Perbatasan
Pasukan Thailand bersiaga di perbatasan menyusul pemberontak yang mengejar tentara junta. Foto/AP
A A A
BANGKOK - Kelompok pemberontak Myanmar telah menarik pasukannya dari sebuah kota di sepanjang perbatasan Thailand menyusul serangan balasan yang dilakukan oleh tentara junta yang berkuasa di mana pejuang perlawanan telah merebut pos perdagangan utama bulan ini.

"Persatuan Nasional Karen (KNU) melakukan mundur sementara dari kota Myawaddy," kata seorang juru bicara KNU Saw Taw Nee, dilansir Reuters. Itu setelah kembalinya tentara junta ke kawasan strategis penting yang merupakan saluran perdagangan luar negeri tahunan yang bernilai lebih dari USD1 miliar.

“Pasukan KNLA akan … menghancurkan pasukan junta dan pasukan pendukung mereka yang bergerak menuju Myawaddy,” kata Saw Taw Nee, merujuk pada sayap bersenjata kelompok tersebut, Tentara Pembebasan Nasional Karen, salah satu pasukan tempur etnis tertua di Myanmar.

Namun dia tidak mengatakan apa langkah selanjutnya yang akan diambil.

Pertempuran baru-baru ini berkobar pada hari Sabtu di Myawaddy, memaksa 3.000 warga sipil melarikan diri dalam satu hari ketika pemberontak berjuang untuk mengusir pasukan pemerintah Myanmar yang terdampar dan bersembunyi di jembatan penyeberangan perbatasan.

Pada hari Rabu, Thailand mengatakan pertempuran telah mereda dan mereka berharap untuk membuka kembali perbatasannya karena perdagangan telah terpukul. Dikatakan sebagian besar warga sipil telah kembali dan 650 orang masih bertahan.

“Situasinya telah membaik secara signifikan,” kata juru bicara Nikorndej Balankura dalam sebuah pengarahan. “Meskipun demikian, kami memantau dengan cermat situasi yang sangat tidak menentu dan dapat berubah.”

"Thailand telah menerima laporan bahwa negosiasi mungkin dimulai antara kelompok-kelompok yang bersaing di pihak Myanmar," kata Nikorndej, tanpa menjelaskan lebih lanjut.



Dia menambahkan bahwa Thailand telah mengusulkan kepada Laos, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, agar mereka dapat menjadi tuan rumah pertemuan yang bertujuan untuk mengakhiri krisis Myanmar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)