Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?

Rabu, 24 April 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
“Keadaan bisa menjadi sangat kacau jika Israel mencoba membalas melalui wilayah udara Yordania,” katanya.


2. Membela Iran

Apa Peran Negara Arab dalam Perang Iran Israel?

Foto/Reuters

Iran memiliki beberapa negara yang dianggap sebagai sekutunya. Aliansi ini didasarkan pada berbagai faktor seperti kepentingan politik, agama, dan regional. Meskipun aliansi Iran dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Pertama, Suriah. Iran memiliki aliansi jangka panjang dengan Suriah. Kedua negara mempunyai kepentingan yang sama dalam melawan pengaruh Barat di kawasan dan mendukung gerakan anti-Israel. Iran telah memberikan dukungan militer dan keuangan yang signifikan kepada pemerintah Suriah selama Perang Saudara Suriah.

Kedua, Lebanon. Iran memiliki hubungan dekat dengan Lebanon melalui dukungannya terhadap Hizbullah, sebuah organisasi politik dan militer Lebanon. Hizbullah telah menerima dukungan besar dari Iran, termasuk senjata, pelatihan, dan bantuan keuangan. Aliansi ini memungkinkan Iran untuk memberikan pengaruhnya di Lebanon dan melawan kepentingan Israel di wilayah tersebut.

Ketiga, Irak. Iran telah mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Irak sejak jatuhnya rezim Saddam Hussein pada tahun 2003. Kedua negara memiliki populasi mayoritas Syiah, dan Iran telah mendukung berbagai kelompok politik Syiah di Irak. Pengaruh Iran di Irak telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya melalui dukungannya terhadap milisi Syiah.

Keempat, Yaman. Iran dituduh memberikan dukungan kepada pemberontak Houthi di Yaman, yang berperang melawan pemerintah yang diakui secara internasional. Meskipun sejauh mana keterlibatan Iran masih diperdebatkan, diyakini bahwa Iran telah memberikan senjata dan bantuan keuangan kepada pemberontak Houthi

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)