3 Negara Arab Sekutu Iran, Nomor 2 Pernah Jadi Musuh

Rabu, 24 April 2024 - 13:45 WIB
loading...
A A A
Namun, hubungan keduanya mulai membaik ketika Amerika Serikat melakukan invasi ke Irak. Setelah rezim Saddam Hussein jatuh, Iran menciptakan jalan baru guna memperbaiki serta memperluas pengaruh di negara tetangganya itu.

Mengutip laman Middle East Council, hubungan Iran dan Irak menjadi sangat mesra setelah jatuhnya Saddam Hussein. Hal ini dibuktikan dengan munculnya serangkaian hubungan dari aspek politik hingga militer.

Pada sisi ekonomi, Irak menjadi pasar penting bagi ekspor barang, listrik, dan gas Iran. Di sisi pertahanan, keduanya bahkan sempat saling mendukung ketika melawan kelompok Negara Islam (ISIS).

3. Lebanon


Lebanon mungkin tidak pernah secara gamblang menyebut dirinya sebagai sekutu Iran. Kendati begitu, mereka dianggap sebagai pendukung karena keberadaan Hizbullah yang menjadi faksi berpengaruh dan terkuat di Beirut.

Pada riwayatnya, Iran telah banyak disebutkan sebagai penyokong utama Hizbullah. Teheran sering memberikan bantuan keuangan dan persenjataan kepada kelompok pejuang tersebut.

Itulah sejumlah negara Arab sekutu Iran yang bisa diketahui.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)