Erdogan dan Pemimpin Hamas Haniyeh Lakukan Pertemuan Berjam-jam, Israel Marah

Minggu, 21 April 2024 - 10:53 WIB
loading...
A A A
Israel mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan serangan terhadap kota Rafah di Gaza dan laporan serangan Israel di provinsi Isfahan di Iran—menyusul serangan langsung Iran terhadap Israel—hanya mengaburkan harapan akan adanya terobosan perdamaian.

Namun Erdogan hanya bisa mengharapkan peran yang “sangat terbatas” karena kecaman terang-terangannya terhadap Israel dan tindakannya di Gaza, menurut Ciddi.

Tahun lalu, pemimpin Turki tersebut menyamakan taktik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan taktik pemimpin Nazi Adolf Hitler dan menyebut Israel sebagai “negara teroris” karena serangannya terhadap Gaza setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Ciddi mengatakan Erdogan tidak akan diterima di Israel dan mungkin bisa menyampaikan pesan antara perunding Palestina dan Israel.

Serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu perang Gaza mengakibatkan kematian 1.170 orang di Israel selatan, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel.

Hamas juga menyandera sekitar 250 orang. Israel memperkirakan 129 orang masih berada di Gaza, termasuk 34 orang yang diperkirakan tewas.

Serangan balasan Israel telah menewaskan 34.049 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)