Erdogan dan Pemimpin Hamas Haniyeh Lakukan Pertemuan Berjam-jam, Israel Marah

Minggu, 21 April 2024 - 10:53 WIB
loading...
A A A

Hubungan Dekat Erdogan-Haniyeh


Ketika Qatar mengatakan akan menilai kembali perannya sebagai mediator antara Hamas dan Israel, Erdogan mengirim Menteri Luar Negeri Hakan Fidan ke Doha pada hari Rabu sebagai tanda baru bahwa Turki menginginkan peran tersebut.

“Saya akan melanjutkannya selama Tuhan memberikan hidup saya, untuk membela perjuangan Palestina dan menjadi suara rakyat Palestina yang tertindas,” kata Erdogan pada hari Rabu ketika dia mengumumkan kunjungan Haniyeh.

Hamas memiliki kantor di Turki sejak 2011, ketika Ankara membantu mengamankan perjanjian bagi kelompok tersebut untuk membebaskan tentara Israel Gilad Shalit.

Erdogan memelihara hubungan dengan Haniyeh, yang sering berkunjung ke Turki.

Fidan adalah mantan kepala intelijen Turki dan negara tersebut memberikan informasi dan paspor kepada pejabat Hamas, termasuk Haniyeh. Itu menurut Sinan Ciddi, pakar Turki di Foundation for Defense of Democracies di Washington.

Namun hal itu tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak berwenang Turki.

Erdogan Kecam Israel


Jika Qatar menarik diri dari upaya mediasi, Turki dapat berupaya meningkatkan profilnya berdasarkan hubungan dengan Hamas.

Fidan pada hari Sabtu mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry yang sedang berkunjung, dan keduanya menekankan perlunya memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza yang hancur di mana ancaman kelaparan mengancam.

Erdogan juga bertemu dengan Shoukry pada Sabtu malam, kata Kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan, di mana dia mengatakan: “Penting bagi negara-negara Islam untuk bekerja sama untuk mencegah seluruh kawasan jatuh ke dalam spiral konflik.”

Turki adalah salah satu mitra bantuan kemanusiaan utama di Gaza, mengirimkan 45.000 ton pasokan dan obat-obatan ke wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)