4 Senjata Pertahanan Iran dalam Menghadapi Potensi Serangan Balasan Israel

Kamis, 18 April 2024 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Iran mengoperasikan berbagai macam baterai pertahanan rudal yang dikembangkan secara lokal yang menggunakan serangkaian rudal untuk membangun lapisan pertahanan di balik sistem jarak jauh.

Berbagai sistem pertahanan jarak menengah, termasuk Arman, Tactical Sayyad, dan Khordad-15 dapat mempertahankan langit Iran dari sasaran pada jarak hingga 200 km (124 mil) pada ketinggian berbeda.

Arman, yang diresmikan pada November 2022, dipasang di bagian belakang truk militer dan siap dikerahkan dalam hitungan menit. Rudal ini hadir dalam dua versi, menggunakan radar array yang dipindai secara elektronik aktif atau pasif – yang akurat dan sulit untuk diganggu – dan dirancang untuk memerangi senjata balistik taktis yang dimaksudkan untuk digunakan di medan perang dalam jarak kurang dari 300 km (186 mil).

Sistem Arman dilengkapi dengan rudal yang ditujukan untuk melawan amunisi penghancur bunker berpemandu presisi yang dirancang untuk menghancurkan bangunan berbenteng atau bawah tanah.

Ancaman masuk yang berhasil menghindari sistem jarak menengah akan dihadapi oleh baterai jarak pendek Iran, termasuk Azarakhsh, Majid dan Zoubin. Azarakhsh dapat dilihat pada video di bawah ini.

Azarakhsh, yang diluncurkan bersamaan dengan Arman, adalah sistem kompak yang dirancang untuk pertempuran di ketinggian rendah guna melawan ancaman seperti drone dan quadcopter. Ia dapat mendeteksi target pada jarak 50 km (31 mil), dengan pelacak optik mengejar target hingga 25 km (16 mil).

Berbagai sistem pertahanan rudal Iran mampu diluncurkan secara vertikal – menawarkan fleksibilitas dan ruang yang lebih besar – yang berarti sistem tersebut juga dapat digunakan oleh kapal perang.

Iran berencana untuk meluncurkan lebih banyak sistem pertahanan rudal tahun ini, kata seorang pejabat senior militer pada akhir Maret.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dan tentara Iran juga memiliki berbagai jenis rudal balistik dan jelajah yang mencakup jangkauan hingga 2.000 km (1.243 mil), serta berbagai drone pengintai dan serang – beberapa di antaranya digunakan pada masa Iran. menyerang Israel pada hari Sabtu.

4. Memperkuat Pertahanan Serangan Siber

4 Senjata Pertahanan Iran dalam Menghadapi Potensi Serangan Balasan Israel

Foto/Reuters

Dalam lebih dari satu dekade perang bayangan dengan Iran yang semakin meluas, Israel diyakini mengandalkan perang non-konvensional untuk menargetkan kepentingan Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0548 seconds (0.1#10.140)