AS Protes 37% Anggota NATO Tak Penuhi Janji

Selasa, 09 April 2024 - 20:30 WIB
loading...
AS Protes 37% Anggota NATO Tak Penuhi Janji
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk NATO Julianne Smith. Foto/X/@USAmbNATO
A A A
WASHINGTON - 12negara NATO belum memenuhi janji untuk membelanjakan 2% PDB mereka untuk pertahanan, menurut Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk NATO, Julianne Smith, pada Senin (8/4/2024).

Blok yang dipimpin AS menetapkan target 2% pada tahun 2014, setelah kudeta yang didukung Barat di Kiev memicu konflik Donbass.

Semua anggota seharusnya membuat tolok ukur “pembagian beban” dalam satu dekade.

“Saat ini kami memiliki 20 sekutu yang memenuhi janji 2%, 20 sekutu,” ujar Smith dalam pidatonya di Universitas Georgetown di Washington DC.

Dia menjelaskan, “Itu adalah peningkatan yang signifikan selama satu dekade. Tentu saja kami ingin semuanya menjadi 32 dan kami akan terus berusaha hingga kami mencapainya.”

Smith adalah pembicara utama pada konferensi ‘NATO at 75: Charting a New Course?’, yang diselenggarakan Pusat Studi Keamanan Georgetown.

Acara tersebut juga menghadirkan Panglima Tertinggi Sekutu Eropa (SACEUR) Jenderal Christopher Cavoli.

Tidak jelas data mana yang diandalkan Smith untuk menyampaikan klaimnya. Pada Februari tahun ini, perkiraan belanja militer tahun 2023 masih menunjukkan hanya 11 negara anggota yang telah memenuhi target 2%, sementara 18 negara masih gagal termasuk Perancis, Belanda, Norwegia, Denmark, Italia, Kanada, Turki, dan Spanyol.



Islandia sebenarnya tidak memiliki kekuatan militer, sementara Finlandia dan Swedia yang masing-masing bergabung pada bulan April dan bulan lalu tidak termasuk dalam perkiraan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)