Waspadai Ancaman Serangan dari Musuh Bebuyutan, Korea Selatan Luncurkan Satelit Mata-mata Kedua

Senin, 08 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Pada tanggal 31 Maret, Pak Kyong Su, wakil direktur jenderal Administrasi Teknologi Dirgantara Nasional Korea Utara, mengatakan bahwa Korea Utara diperkirakan akan meluncurkan beberapa satelit pengintaian lagi pada tahun ini. Selama konferensi politik penting pada akhir Desember, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji untuk meluncurkan tiga satelit mata-mata militer tambahan pada tahun 2024.

Melansir AP, Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Wonsik mengatakan pada hari Senin bahwa Korea Utara kemungkinan akan segera melanjutkan peluncuran satelit mata-matanya yang kedua untuk memperingati ulang tahun pendiri negara Kim Il Sung, mendiang kakek Kim Jong Un, pada tanggal 15 April. Shin mengatakan Korea Utara masih bisa melakukan peluncuran nanti karena alasan teknis.

PBB melarang Korea Utara melakukan peluncuran satelit dan menyebutnya sebagai uji terselubung terhadap teknologi rudal jarak jauhnya. Peluncuran satelit Korea Utara pada bulan November memperdalam ketegangan di Semenanjung Korea, dan kedua Korea mengambil langkah-langkah yang melanggar perjanjian tahun 2018 untuk menurunkan ketegangan militer.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Utara telah terlibat dalam uji coba rudal yang provokatif untuk memodernisasi dan memperluas persenjataannya, sehingga mendorong AS dan Korea Selatan untuk memperkuat latihan militer mereka sebagai tanggapannya. Para ahli mengatakan Korea Utara kemungkinan besar percaya bahwa perluasan persenjataan akan meningkatkan pengaruhnya dalam diplomasi masa depan dengan AS.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)