Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Minggu, 07 April 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
India, yang membantah tuduhan dalam laporan berita terbaru, juga menolak tuduhan yang dibuat oleh Pakistan sebelumnya bahwa mata-mata New Delhi terlibat dalam pembunuhan di luar negeri.

Pada bulan Januari, setelah penjelasan media dari Menteri Luar Negeri Pakistan, Kementerian Luar Negeri India menggambarkan tuduhan tersebut sebagai upaya Pakistan untuk “menjual propaganda palsu”, dan mengatakan bahwa Pakistan akan “menuai apa yang mereka tabur”.

“Seperti yang diketahui dunia, Pakistan telah lama menjadi pusat terorisme, kejahatan terorganisir, dan aktivitas transnasional ilegal. India dan banyak negara lain telah secara terbuka memperingatkan Pakistan dengan memperingatkan bahwa mereka akan termakan oleh budaya teror dan kekerasannya sendiri,” kata pernyataan India.

Namun Pakistan bukan lagi satu-satunya negara yang melontarkan tuduhan serupa terhadap India.

5. Bukan Cuma di Pakistan, tapi di AS dan Kanada

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/AP

Tuduhan dan laporan mengenai keterlibatan India dalam pembunuhan warga negara Pakistan muncul pada saat New Delhi juga dituduh oleh Amerika Serikat dan Kanada mempunyai peran potensial dalam rencana pembunuhan terhadap para pembangkang yang tinggal di negara-negara tersebut.

Pada bulan November, jaksa AS mengatakan seorang pejabat intelijen India telah mendalangi rencana pembunuhan separatis Sikh Gurpatwant Singh Pannun, yang berkewarganegaraan ganda AS dan Kanada, di New York. Nikhil Gupta, perantara yang bertugas menemukan pembunuh bayaran, ditahan di Republik Ceko. Plot tersebut terungkap setelah Gupta menghubungi seorang pembunuh bayaran yang ternyata dibayar oleh agen-agen federal AS, menurut jaksa.

Sebelumnya, pada bulan Agustus, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berdiri di Parlemen untuk secara terbuka menuduh India atas pembunuhan separatis Sikh lainnya, Hardeep Singh Nijjar, di dekat Vancouver. Tuduhan-tuduhan tersebut telah membuat hubungan India-Kanada menjadi sangat kaku.

India membantah terlibat dalam pembunuhan Nijjar dan mengatakan pihaknya sedang menyelidiki tuduhan yang dibuat oleh jaksa AS. Menteri Luar Negeri S Jaishankar mengatakan bukanlah kebijakan India untuk melakukan pembunuhan yang ditargetkan di luar negeri.

6. Lembaga Keamanan Pakistan Dipertanyakan

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/AP

Sayed, analis keamanan, mengatakan bahwa pembunuhan baru-baru ini di Pakistan – jika memang ada hubungannya dengan mata-mata India – menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas badan keamanan Pakistan.

“Orang-orang yang menjadi sasaran ini pernah menjadi anggota organisasi bersenjata pro-Pakistan. Meskipun ada tekanan dari rekan-rekan mereka, orang-orang ini menahan diri untuk tidak terlibat dalam permusuhan terhadap pasukan keamanan dan tetap menjaga kesetiaan kepada negara Pakistan,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)