Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Minggu, 07 April 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Meski Pakistan belum secara resmi mengakui adanya pembunuhan lain selain dua pembunuhan tersebut, Qazi dalam konferensi persnya mengatakan ada lebih banyak insiden yang sedang diselidiki pemerintah.

“Ada beberapa kasus lain yang memiliki tingkat keparahan serupa pada berbagai tahap penyelidikan,” katanya.

Di antara dugaan pembunuhan tersebut adalah pembunuhan pemimpin komunitas Sikh Paramjit Singh Panjwar di Lahore – Panjwar ditembak mati pada Mei tahun lalu.

Pemerintah India telah menyatakan Singh sebagai “teroris individu”, mengeluarkan pemberitahuan [PDF] pada tahun 2020, yang menuduhnya mengatur pelatihan senjata dan memasok senjata untuk melakukan serangan di India. Saleem Rehmani, yang juga dicari oleh India sebagai “teroris”, ditembak mati pada Januari 2022 di Pakistan.


2. Menyebar Teror ke Kelompok Gerilyawan di Pakistan

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/Reuters

Abdul Sayed, seorang peneliti kelompok bersenjata yang berbasis di Swedia mengatakan pembunuhan baru-baru ini – jika memang diatur oleh India – diramalkan oleh peristiwa penting tiga tahun lalu pada bulan Juni 2021 ketika ledakan bom mobil di Lahore terjadi di dekat kediaman Hafiz Saeed.

“Pihak berwenang Pakistan mengaitkan insiden ini dengan pihak inteijen India,” kata Sayed kepada Al Jazeera. “Selanjutnya, terjadi peningkatan serangan mulai awal tahun 2022 dan seterusnya, yang menargetkan komandan utama berbagai kelompok bersenjata Kashmir.”

Penasihat Keamanan Nasional Moeed Yusuf pertama kali menyalahkan India atas serangan di luar rumah Saeed pada Juli 2021 – tuduhan yang dilontarkan Pakistan lagi pada Desember 2022. Saeed, yang saat ini ditahan di Pakistan, dituduh oleh India dan Amerika Serikat mendalangi serangan tersebut. Serangan Mumbai tahun 2008.

India telah menuntut Pakistan menyerahkan Saeed – yang telah membantah tuduhan tersebut – untuk diadili dalam kasus tersebut. Permintaan serupa terakhir kali dibuat oleh pemerintah India pada bulan Desember tahun lalu.

3. Dendam Masa Lalu antara New Delhi dan Islamabad

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/AP
Pertikaian utama antara kedua negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir ini adalah lembah Kashmir yang indah, yang saat ini terbagi menjadi dua, dengan India dan Pakistan yang menguasai sebagian wilayah tersebut.

Mereka telah berperang dalam dua dari tiga perang besar-besaran untuk memperebutkan wilayah tersebut. India menuduh Pakistan mendukung kelompok bersenjata seperti LeT dan JeM dalam upaya menimbulkan masalah di Kashmir yang dikelola India. Pakistan dengan tegas membantah tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa mereka hanya mendukung hak warga Kashmir untuk menentukan nasib sendiri melawan pemerintahan India. India menyebut pemberontak bersenjata di Kashmir sebagai “teroris”.

4. Saling Tuding Propaganda Palsu

Bagaimana India Melakukan Aksi Spionase dan Pembunuhan di Pakistan?

Foto/AP
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)