alexametrics

Kapal Perang Norwegia yang Tabrakan dengan Tanker Minyak Tenggelam

loading...
Kapal Perang Norwegia yang Tabrakan dengan Tanker Minyak Tenggelam
KNM Helge Ingstad, kapal perang Norwegia, tenggelam setelah tabrakan dengan kapal tanker minyak pada pekan lalu. Foto/REUTERS
A+ A-
OSLO - Kapal perang Norwegia, KNM Helge Ingstad, tenggelam lebih dalam di pantai barat negara tersebut pada Selasa setelah bertabrakan dengan kapal tanker minyak pada pekan lalu. Karamnya kapal fregat itu jadi sorotan karena baru saja ikut latihan perang terbesar NATO, Trident Juncture 2018.

Kementerian Pertahanan Norwegia pada Selasa pagi merilis sejumlah foto yang menunjukkan sebagian besar kapal angkatan laut itu sudah berada di bawah air laut.

Tabrakan antara KNM Helge Ingstad dengan kapal tanker minyak raksasa Sola TS terjadi Kamis dini hari pekan lalu di Hjeltefjorden, pantai barat Norwegia.

Kapal perang itu, salah satu dari lima fregat modern di Norwegia, sedang dalam perjalanan pulang ke pangkalan Angkatan Laut Haakonsvern setelah berpartisipasi dalam latihan perang Trident Juncture 2018.

Penyebab tabrakan itu masih misterius, karena kapal perang tersebut dilengkapi sistem navigasi yang baik untuk menghindari tabrakan.

Saat insiden, cuaca juga bagus. Perairan di wilayah itu juga memiliki sistem kontrolĀ  real-time.

Penyelidikan resmi sudah diluncurkan oleh departemen kelautan di Badan Investigasi Kecelakaan Norwegia (AIBN). Angkatan Laut Norwegia sedang bekerja untuk mengamankan reruntuhan kapal.

Terminal ekspor minyak Sture Norwegia beroperasi seperti biasa pada hari Selasa meskipun kapal perng tersebut mulai tenggelam.

"Kami berada dalam operasi normal. Kami tidak mengomentari rencana," kata Equinor atau pihak operator terminal tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Daily Star, Rabu (14/11/2018).
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak