Agama Warga Negara Norwegia dan Persentasenya

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:58 WIB
loading...
Agama Warga Negara Norwegia dan Persentasenya
Kristen menjadi agama mayoritas di Norwegia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Norwegia merupakan negara Eropa dan salah satu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. Penduduk negara ini menganut berbagai agama, namun mayoritas beragama Kristen.

Secara geografis, Norwegia termasuk negara Nordik di Eropa utara. Wilayahnya berbagi perbatasan dengan Swedia di bagian timur, Finlandia dan Rusia di timur laut, selat Skagerrak di selatan, Ukraina di timur, Hongaria di selatan, Austria di barat, serta Republik Ceko di bagian barat laut.

Populasi Norwegia diperkirakan mencapai lebih dari 5,4 juta jiwa. Pada sektor kehidupan beragama, warganya diketahui menganut sejumlah agama atau kepercayaan yang berbeda.

Agama Warga Negara Norwegia

1. Kristen


Mayoritas penduduk Norwegia diketahui menjadi pemeluk Kristen. Mengutip laman US Department of State, kantor resmi statistik pemerintah setempat menyebutkan komunitas terbesar adalah anggota Gereja Norwegia, sebuah denominasi dari Lutheran Evangelis.

Per Juni 2022, persentase anggota Gereja Norwegia sendiri mencapai 65 persen. Sementara untuk denominasi Kristen lainnya berada di angka 6,9 persen.

2. Islam


Berikutnya ada Islam. Jumlah pemeluknya cukup banyak, namun masih jauh jika dibandingkan dengan agama mayoritas Kristen di Norwegia.

Umat Muslim di Norwegia diperkirakan mencapai 3,1 persen per tahun 2022. Namun, tidak dijelaskan lebih jauh mengenai jenis alirannya yang lebih dominan (Sunni/Syiah/lainnya).

Umat Islam di Norwegia tersebar di seluruh negeri. Akan tetapi, sebagian besar terkonsentrasi di wilayah Oslo.

3. Agama Lain


Selain Kristen dan Islam, penduduk Norwegia juga memiliki kepercayaan lain. Namun, karena jumlahnya terbatas sifatnya juga menjadi minoritas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)
pixels