Inggris Dituding Terlibat Pembunuhan Israel terhadap Pekerja Bantuan Inggris di Gaza

Kamis, 04 April 2024 - 18:50 WIB
loading...
A A A
Kini mereka telah diberikan kesempatan untuk melakukan sidang lisan untuk kembali berdebat agar kasus tersebut dapat dilanjutkan.

Sejak tahun 2015, Inggris telah melisensikan senjata senilai 487 juta poundsterling (USD617 juta) kepada Israel. Namun, jumlah ini tidak termasuk peralatan yang diekspor melalui lisensi terbuka.

Secara khusus, 15% dari nilai setiap pesawat tempur F-35 buatan AS, yang digunakan Israel untuk mengebom Gaza, dibuat di Inggris, yang ekspornya dilindungi lisensi terbuka tanpa batasan kuantitas atau nilai ekspor.

CAAT memperkirakan secara konservatif bahwa pengerjaan 36 unit F-35 yang diekspor ke Israel hingga tahun 2023 telah bernilai setidaknya 368 juta poundsterling (USD466 juta) untuk industri senjata Inggris.

Kampanye Menentang Perdagangan Senjata dan Solidaritas Palestina Cornwall mengadakan aksi darurat sekaligus protes di Falmouth, Cornwall pada Rabu malam. Salah satu orang yang tewas dalam serangan itu, James Henderson, berasal dari Falmouth.

“Kami sangat terpukul mendengar bahwa James Henderson yang dikenal sebagai Jimmy oleh teman-temannya adalah salah satu pekerja bantuan yang terbunuh oleh serangan yang ditargetkan dari Israel, dan rasa duka serta belasungkawa kami yang terdalam ditujukan kepada keluarga dan teman-temannya,” ungkap juru bicara Solidaritas Palestina Cornwall, yang membenarkan kelompok kampanye tidak berbicara atas nama mereka.

“Kami berkumpul untuk memberikan penghormatan dan menunjukkan solidaritas kami kepada James, dan kepada semua orang Palestina yang menjadi martir, seperti yang telah kami lakukan selama berminggu-minggu sejak genosida ini meningkat pada bulan Oktober,” papar dia.

Solidaritas Palestina Cornwall menunjukkan betapa “memalukan” bahwa hampir 200 pekerja bantuan kemanusiaan telah dibunuh oleh Israel selama enam bulan terakhir.

Menurut mereka, hal ini akan menimbulkan efek jera terhadap sektor bantuan yang sudah sangat terbatas namun penting dan akan berdampak buruk pada sektor bantuan kemanusiaan menjangkau warga Palestina yang kelaparan di Gaza.

Ini adalah upaya yang disengaja untuk memastikan kejahatan perang berupa kelaparan yang direkayasa Israel tidak dapat dihentikan oleh bantuan asing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0819 seconds (0.1#10.140)