alexametrics

Kebakaran Hutan di California Tewaskan Sembilan Orang

loading...
Kebakaran Hutan di California Tewaskan Sembilan Orang
Sembilan orang tewas akibat kebakaran hutan dahsyat di California. Foto/Istimewa
A+ A-
PARADISE - Dua kebakaran hutan raksasa membakar di luar kendali di California utara dan selatan. Akibatnya, sembilan orang tewas dan memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Sembilan orang ditemukan tewas di dalam dan sekitar kota Paradise California Utara, tempat lebih dari 6.700 rumah dan usaha yang terbakar habis oleh Camp Fire. Ini menjadikannya sebagai kebakaran yang paling merusak dalam sejarah California, menurut departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran negara bagian.

“Kejadian ini adalah skenario terburuk. Itu adalah peristiwa yang kami takutkan sejak lama,” kata Sheriff Butte County Kory Honea pada konferensi pers Jumat malam.

"Sayangnya, tidak semua orang berhasil keluar," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/11/2018).

Honea mengatakan mayat lima korban di California Utara ditemukan di dalam atau di dekat mobil yang terbakar, tiga lain di luar tempat tinggal di dan satu di dalam rumah.

Sebanyak 35 orang lainnya dilaporkan hilang dan tiga petugas pemadam kebakaran terluka.

Api turun dengan cepat ke Paradise sehingga banyak orang terpaksa meninggalkan mobil mereka dan berlari untuk menyelamatkan diri mereka di satu-satunya jalan yang melalui kota pegunungan.

The Camp Fire, yang terjadi pada Kamis lalu di tepi Hutan Nasional Plumas timur laut Sacramento, sejak itu menghanguskan lebih dari 90.000 hektar dan hanya 5 persen yang mampu dikuasai pada malam hari pada hari Jumat.

Sementara itu sekitar 800 km ke selatan di Los Angeles County, Woolsey Fire yang telah menghanguskan 14.164 hektar mengancam 75.000 rumah dan lebih dari 200 ribu orang berada di bawah evakuasi wajib awal pada hari Sabtu.

Beberapa perintah evakuasi dikeluarkan untuk warga kota Los Angeles di daerah West Hills. Tidak jelas berapa banyak rumah yang telah dievakuasi di kota Los Angeles

Trump pada Sabtu pagi men-tweet bahwa salah urus hutan adalah penyebab dua kebakaran hutan yang tak terkendali.

"Tidak ada alasan untuk kebakaran hutan yang besar, mematikan dan mahal di California ini kecuali bahwa pengelolaan hutan sangat buruk," tulisnya di sebuah postingan di Twitter.

“Miliaran dolar diberikan setiap tahun, dengan begitu banyak nyawa yang hilang, semua karena kesalahan pengelolaan hutan. Perbaiki sekarang, atau tidak ada lagi pembayaran Fed!,” tukasnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak