Ke Natuna, Dubes AS Sambangi Basis Militer Indonesia

Jum'at, 09 November 2018 - 16:54 WIB
Ke Natuna, Dubes AS Sambangi Basis Militer Indonesia
Ke Natuna, Dubes AS Sambangi Basis Militer Indonesia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr menyatakan, saat melakukan kunjungan ke Natuna, Kepulauan Riau, dia sempat mengunjungi basis militer Indonesia disana.

Donovan, yang berbicara saat melakukan konferensi pers dengan awak media di Bandara Halim Perdanakusuma, menuturkan, dia sangat terhormat diberi kesempatan untuk dapat mengunjungi basis militer Indonesia yang berada di Natuna.

"Saya percaya, kami sudah memiliki hubungan yang kuat dan hubungan yang baik dengan militer Indonesia, dengan TNI. Namun, saya juga sangat senang sekali, sangat terhormat, saya bisa berkunjung ke pangkalan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Indonesia," ucap Donovan pada Jumat (9/11).

Diplomat senior AS itu kemudian menyatakan, dia percaya bahwa Natuna memiliki peran yang sangat penting dan juga sangat unik bagi Indonesia dan ini adalah salah satu alasan kenapa dia berkunjung ke kawasan itu.

Sementara itu, ketika disinggung apakah dia turut membahas mengenai masalah Laut China Selatan saat bertemu dengan sejumlah pejabat di Indonesia, Donovan menuturkan dia membahasnya, tapi hanya secara umum. Namun, dia menegaskan posisi AS mengenai Laut China Selatan tidak pernah berubah.

"Untuk Laut China Selatan, sikap kami belum berubah, kami mendukung resolusi damai melalui hukum internasional untuk bisa mencapai bagi kedua belah pihak dan Indonesia juga bukan merupakan bagian dari konflik tersebut, namun saya lihat ASEAN dan China harus bisa mencapai," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3210 seconds (0.1#10.140)