Xi Jinping Sebut Prabowo Kawan Lama China

Selasa, 02 April 2024 - 09:39 WIB
loading...
A A A
Keputusan Prabowo untuk mengunjungi China sebelum mengunjungi negara tetangga Indonesia di kawasan ini menggarisbawahi kemitraan erat yang dibangun dalam satu dekade terakhir di bawah pemerintahan Jokowi ketika China menjadi mitra dagang utama Indonesia, yang memasok sumber daya alam termasuk nikel dan batu bara.

Kunjungan pertama Jokowi setelah pelantikannya adalah ke China, untuk menghadiri pertemuan puncak tahunan para pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada tahun 2014. Kunjungan tersebut diikuti oleh enam kunjungan berikutnya.

China juga telah mengucurkan dana miliaran dolar untuk proyek infrastruktur dan industri di Indonesia, termasuk kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Masih harus dilihat bagaimana Prabowo, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia, akan mengatasi berbagai permasalahan termasuk perebutan pengaruh antara China dan Amerika Serikat di Asia Tenggara.

Prabowo sebelumnya mengatakan Indonesia berkomitmen terhadap kebijakan non-blok dan akan menjaga hubungan baik dengan China dan Amerika Serikat.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)