Xi Jinping Sebut Prabowo Kawan Lama China

Selasa, 02 April 2024 - 09:39 WIB
loading...
Xi Jinping Sebut Prabowo Kawan Lama China
Presiden Xi Jinping (kanan) menggambarkan presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto sebagai kawan lama rakyat China. Foto/Yao Dawei/Xinhua via AP
A A A
BEIJING - Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, mengunjungi Beijing pada Senin dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak terpilih menjadi presiden.

Presiden China Xi Jinping menyambut kunjungan Prabowo. Xi Jinping menggambarkan Prabowo sebagai "kawan lama rakyat China".

Menurut laporan media pemerintah China, CCTV, presiden terpilih Indonesia mengatakan kepada Presiden China bahwa dia bertujuan untuk melanjutkan hubungan dekat di bawah kepemimpinan pendahulunya, Joko Widodo (Jokowi).



"Prabowo sepenuhnya mendukung pengembangan hubungan Indonesia-China yang lebih erat dan ingin melanjutkan kebijakan persahabatan Presiden Joko dengan China," bunyi siaran CCTV, mengutip ucapan Prabowo.

Laporan itu melanjutkan, pemerintahan Indonesia yang baru akan mendorong penyelarasan strategi pembangunan antara kedua negara dan mendorong hasil yang lebih besar dalam kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan dan pengentasan kemiskinan.

Xi Jinping mengatakan bahwa China memandang hubungannya dengan Indonesia dari perspektif strategis dan jangka panjang, dan siap untuk memperdalam kerja sama strategis menyeluruh.

Jika tak ada aral melintang, Prabowo (72) baru akan dilantik sebagai presiden Indonesia pada bulan Oktober mendatang.

Sebagai saingan lama dari Jokowi yang akan lengser dari jabatannya, Prabowo kini secara luas dipandang menikmati dukungan kuat dari pendahulunya itu, meraih kemenangan yang menentukan dengan putra Jokowi; Gibran Rakabuming Raka, sebagai wakil presidennya.

“Kunci pencapaian berharga hubungan China-Indonesia terletak pada kepatuhan terhadap otonomi strategis, saling percaya, dan saling membantu,” imbuh laporan CCTV, Selasa (2/4/2024), mengutip pernyataan Xi Jinping dalam pertemuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)