Daftar Negara yang Beri Bantuan ke Gaza Lewat Jalur Udara

Senin, 01 April 2024 - 14:43 WIB
loading...
A A A

4. Prancis


Prancis salurkan bantuan makanan dan obat-obatan ke Gaza dengan mengandalkan pesawat kargo C-130. Pengiriman bantuan ini juga bekerja sama dengan Kerajaan Yordania.

5. Mesir


Mesir sejatinya memiliki perbatasan darat langsung dengan Jalur Gaza dan pernah juga menggunakan jalur tersebut untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Namun, pengiriman bantuan via darat tersendat akibat blokade militer Zionis. Pada akhirnya, Kairo memilih jalur udara untuk menyalurkan bantuan.

6. Maroko


Kerajaan Maroko mengandalkan enam pesawat angkut untuk mengirim paket bantuan kemanuisaan ke Gaza.

Menurut laporan Arab News, ada sekitar 25 ton paket bantuan termasuk makanan, air, obat-obatan, dan perlengkapan darurat lainnya, telah disalurkan via jalur udara.

7. Belgia


Pemerintah Belgia melalui Angkatan Udaranya mengirim bantuan kemanusiaannya pertama ke Jalur Gaza pada 4 Maret 2024.

"Operasi Belgia pertama yang menjatuhkan bantuan kemanusiaan ke Gaza baru saja dilakukan. Terima kasih kepada pos diplomatik kami, B-FAST dan staf Kementerian Pertahanan Belgia," kata Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib seperti dikutip dari The Brussels times.

8. Jerman


Pemerintah Jerman, yang selama ini mendukung Israel, juga ikut mengirim paket bantuan makanan dan obat-obatan melalui jalur udara.

9. Rusia

Rusia, yang saat ini sedang berperang melawan Ukraina, telah beberapa kali mengirim puluhan ton bantuan kemanusiaan ke Gaza menggunakan pesawat kargo Il-76. Ini dimulai sejak November 2023 atau sebulan setelah perang Israel-Hamas pecah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)