3 Festival Kurma Terbesar di Saudi

Minggu, 31 Maret 2024 - 20:02 WIB
loading...
3 Festival Kurma Terbesar di Saudi
Arab Saudi menggelar banyak festival kurma. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Arab Saudi memiliki banyak festival kurma yang digelar setiap tahun. Berbagai festival itu bukan hanya menjual berbagai aneka jenis kurma semata, tetapi juga menjadi ajang yang menarik bagi wisatawan.

3 Festival Kurma Terbesar di Saudi

1. Festival Kurma AlUla

3 Festival Kurma Terbesar di Saudi

Foto/Reuters

Melansir Fact Saudi, festival Kurma AlUla memberikan dukungan kepada para petani dan pembeli kurma. Dengan beberapa peluang komersial yang tersedia bagi mereka, festival ini merupakan platform fantastis untuk perdagangan dan pertukaran keahlian. Hal ini membantu para petani mempelajari cara-cara baru untuk meningkatkan produksi mereka dan memastikan bahwa produk mereka memiliki kualitas terbaik.

Tanah AlUla yang subur dan air tawar telah membantu para petani di wilayah tersebut untuk merawat pohon palem dengan cara terbaik. Pohon-pohon ini telah menjadi sumber kemakmuran di Arab Saudi yang juga bermanfaat dalam meningkatkan budaya lokal. Beberapa kurma terbaik di dunia seperti Kurma Barni dan Kurma Helwa Hitam Merah diproduksi di AlUla.

Namun Festival Kurma AlUla bukan hanya diperuntukkan bagi penikmat kurma atau tujuan jual beli saja. Sebuah pasar juga ada dalam agenda yang menghadirkan pengrajin dan masakan lokal untuk dinikmati orang-orang. Kerajinan tangan akan dipajang untuk dikagumi atau dibeli orang.


2. Festival Kurma Buraidah

3 Festival Kurma Terbesar di Saudi

Foto/Reuters

Festival Kurma Buraidah merupakan festival kurma terbesar di dunia setiap tahunnya. para petani kurma mengharapkan angka penjualan yang tinggi selama festival yang berlangsung selama 45 hari setiap tahun.

Festival tersebut, yang tidak hanya sekedar pasar tahunan, namun juga merupakan jalur kehidupan bagi ribuan petani dan pemuda yang bergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari bertani kurma.

Arab Saudi memiliki jumlah pohon kurma tertinggi di dunia, sekitar 25 persen produksi kurma dunia. Wilayah Qassim sendiri memiliki sekitar 7 juta pohon kurma, jumlah tertinggi di antara seluruh wilayah di Kerajaan.

Festival kurma tahunan merupakan acara penting untuk mencari produk yang akan digunakan untuk turunan kurma termasuk sirup kurma, pasta kurma, dan kotak kado kurma yang akan digunakan pada semua kesempatan sepanjang tahun.

Kementerian Air, Lingkungan Hidup dan Pertanian mendorong pertanian kurma, mengalokasikan lahan, membantu petani membeli peralatan pertanian dan memberi petani akses terhadap pinjaman jangka panjang melalui Bank Pertanian Arab Saudi.

3. Festival Kurma Jouf

3 Festival Kurma Terbesar di Saudi

Foto/Reuters

Festival kurmalebih dari sekadar platform pemasaran kurma, melainkan aktivitas musiman yang menghidupkan kembali perekonomian wilayah tersebut. Ini menyediakan tempat penjualan bagi petani kurma, penjual madu, dan keluarga yang memproduksi makanan populer.

Hal ini juga mendorong seniman dan pengrajin visual dengan mendirikan stan khusus untuk karya mereka dan menyelenggarakan kompetisi budaya dan puisi. Saat ini, tempat ini telah menjadi tempat wisata dan hiburan, menarik pengunjung dari dalam dan luar Jouf.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)